PENGENALAN SAINS MELALUI PERCOBAAN SEDERHANA PADA ANAK KELOMPOK B DI KB-RA IT AL-HUSNA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengenalan sains melalui percobaan sederhana di KB-RA IT Al-Husna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan model alir. Data penelitian telah diuji keabsahan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) topik percobaan sains ada pesan rahasia, telepon sederhana, listrik statis, mainan kapal, roket, matahari, tornado, gunung meletus, rambatan api, pemadam kebakaran, banjir, dan ombak; 2) benda untuk kegiatan percobaan disesuaikan dengan topik dan disediakan sehari sebelum pelaksanaan kegiatan percobaan; 3) metode yang digunakan KB-RA IT Al-Husna untuk pengenalan sains adalah eksperimen dan demonstrasi; 4) peran guru sebagai perencana, fasilitator, observer, motivator, organisator, model, evaluator, dan teman eksplorasi anak; 5) peran anak sebagai penemu, penyelidik dan pengamat kegiatan percobaan; 6) hasil belajar fakta, keterampilan dan afektif tetapi anak belum menguasai hasil belajar secara maksimal; 7) proses pengenalan sains melalui kegiatan percobaan sederhana dilakukan dengan urutan apersepsi, percobaan dan evaluasi.
Kata kunci: pengenalan sains, percobaan sederhana
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.