IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SENTRA SAINS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL I’DAD AN NUUR SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran sentra sains di TK AL I’dad An
Nuur Sleman. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data yakni: pengumpulan data, kondensasi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) perencanaan pembelajaran sentra
sains dimulai dengan pembuatan program semester dan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran harian, (2)
pelaksanaan pembelajaran sentra sains menggunakan kurikulum 2013 dan untuk metode dalam pembelajaran
menggunakan metode bercerita, metode demonstrasi, metode pemberian tugas, metode bercakap-cakap dan metode
proyek, (3) evaluasi pembelajaran sentra sains dilakukan setiap hari menggunakan catatan anekdot dan checklist,
(4) faktor pendukung meliputi adanya guru sentra yang merupakan lulusan S1 PAUD, pengadaan media yang baik,
serta fasilitas sentra sains yang mendukung. Sementara faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu dalam
pelaksanaan pembelajaran sentra sains.
Kata kunci: pembelajaran sentra sains, TK AL I’dad An Nuur
Nuur Sleman. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data yakni: pengumpulan data, kondensasi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) perencanaan pembelajaran sentra
sains dimulai dengan pembuatan program semester dan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran harian, (2)
pelaksanaan pembelajaran sentra sains menggunakan kurikulum 2013 dan untuk metode dalam pembelajaran
menggunakan metode bercerita, metode demonstrasi, metode pemberian tugas, metode bercakap-cakap dan metode
proyek, (3) evaluasi pembelajaran sentra sains dilakukan setiap hari menggunakan catatan anekdot dan checklist,
(4) faktor pendukung meliputi adanya guru sentra yang merupakan lulusan S1 PAUD, pengadaan media yang baik,
serta fasilitas sentra sains yang mendukung. Sementara faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu dalam
pelaksanaan pembelajaran sentra sains.
Kata kunci: pembelajaran sentra sains, TK AL I’dad An Nuur
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.