IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER GAMELAN PADA ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi pembelajaran ekstrakurikuler gamelan pada anak usia dini di TK Negeri Pembina Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teori Miles dan Huberman (2014). Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan pembelajaran gamelan meliputi persiapan materi, penentuan jadwal ekstrakurikuler, dan keperluan teknis lainnya. (2) Pelaksanaan ekstrakurikuler gamelan terdiri dari tiga prosedur pelaksanaan yaitu kegiatan pendahuluan berupa pengkondisian anak dan apersepsi, kegiatan inti berupa memainkan lagu gundhul-gundhul pacul dan suwe ora jamu yang memiliki notasi empat baris, anak lebih mudah membaca notasi dengan melihat isyarat angka melalui jari oleh guru. Serta kegiatan penutup berupa pemberian motivasi dan refleksi ekstrakurikuler. (3) Evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler dilaksanakan di akhir pembelajaran berupa refleksi kelompok saron, kelompok kendang, gong, dan kempul, serta sinden yang dilanjutkan dengan evaluasi keseluruhan di akhir tahun pembelajaran oleh kepala sekolah, guru ekstrakurikuler dan guru pendamping ekstrakurikuler.
Kata kunci : Ekstrakurikuler Gamelan, Anak Usia Dini, TK Negeri Pembina Yogyakarta.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.