PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN LARI ZIG-ZAG PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui lari zig-zag pada anak kelompok B di PAUD Terpadu Basmalah School, Kecamatan Sewon Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subyek penelitian adalah anak TK kelompok B usia 5-6 tahun yang berjumlah 6 anak, terdiri dari 3 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada akhir siklus menunjukkan adanya peningkatan persentase kemampuan motorik kasar melalui kegiatan berlari zig-zag disetiap indikator yang dinilai. Maka persentase pencapaian anak dalam satu kelas untuk indikator kelincahan pada pra siklus yaitu 33,33% (MB), Siklus I 45,83% (MB) dan Siklus II 72,91% (BSH). Indikator kecepatan pada pra siklus 37,5% (MB), Siklus I 60,41% (BSH) dan Siklus II 85,41% (BSB). Indikator ketepatan pada pra siklus 33,33% (MB), Siklus I 54,16% (BSH) dan Siklus II 81,25% (BSB).
Kata kunci: kemampuan motoric kasar, kegiatan lari zig-zag, kelompok B
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.