PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PBL UNTUK MENGOPTIMALKAN PROBLEM SOLVING SKILL SISWA BERBASIS NoP DEVELOPING NoP-BASED PBL PHYSICS LEARNING INSTRUMENTS FOR STUDENT’S PROBLEM SOLVING SKILL

Hayang Sugeng Santosa, , Indonesia
Insih Wilujeng, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika dengan model Problem Based
Learning (PBL) untuk mengoptimalkan penguasaan problem solving skill peserta didik berbasis Nature of Physics
yang layak, dan (2) mengetahui peningkatan problem solving skill peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran
dengan perangkat pembelajaran fisika bermodel Problem Based Learning berbasis Nature of Physics. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap
define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan yang ada di pembelajaran. Tahap design dilakukan
dengan mengembangkan rancangan awal perangkat pembelajaran. Tahap develop dilakukan untuk menghasilkan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Instrumen Penilaian dengan
model PBL berbasis nature of physics yang sudah divalidasi oleh ahli perangkat pembelajaran dan praktisi serta
diujicobakan dalam proses pembelajaran. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran agar perangkat pembelajaran
dapat digunakan dalam skala yang luas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) telah dihasilkan perangkat
pembelajaran fisika dengan model PBL berbasis nature of physics yang layak dengan kualitas yang sangat baik dan
instrumen pengumpulan data memiliki reliabilitas yang istimewa, (2) Problem Solving Skill peserta didik yang
mengikuti pembelajaran dengan menggunakan perangkat model PBL berbasis nature of physics meningkat dengan
kategori tinggi.

This research aims to: (1) produce a proper physics learning device with model Problem Based
Learning to optimize problem solving skills of students based Nature of Physics, and (2) determine the
increase problem solving skills of learners who join the learning process with physics learning device with
model Problem Based Learning based Nature of Physics.This research is a research and development (R&D)
with the 4D model (Define, Design, Develop and Disseminate). Define phase is the initial stage of defining
the problems of physics learning. Design phase is the phase of drafting learning device. Develop phase is the
phase of the validation by the experts and practitioners validator and testing of lesson plans, students
worksheets, and assessment instruments with PBL models based nature of physics. Disseminate phase is the
deployment phase learning device for wider scale usage. The results showed that: (1) have been generated
proper physics learning device with model Problem Based Learning based Nature of Physics and data
collection instruments with special reliability category, (2) Problem Solving Skill learners who join learning
by used PBL models based nature of physics device increased with the high category


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v5i3.944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Fisika - S1



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.