PENGEMBANGAN INSTRUMEN NON TES BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK PEMETAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADA KOMPETENSI KOGNITIF DEVELOPMENT OF NON TEST INSTRUMENT BASED ON THE SCIENTIFIC APPROACH FOR MAPPING LEARNING OUTCOME OF PHYSICS FOR HIGH SCHOOL STUDENTS AT COGNITIVE COMPETENCE

maria goreti nahak berek,
suparwoto suparwoto,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini mendeskripsikan produk penembangan instrumen non tes berbasis scientific approach untuk pemetaan hasil belajar fisika siswa SMA kelas XI IPA pada kompetensi kognitif. Desain penelitianini memanfaatkan 4-D model yang dirintis oleh Thiagarajan-Semmel (1974) terdiri dari 4 tahapan utama, pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develops), dan penyebarluasan (dessemination). Pada tahap define, melakukan analisis ujung depan, analisis peserta didik, analisis tugas dan analisis konsep, analisis kurikulum dan tujuan pembelajaran. Pada tahap design melakukan perencanaan pembuatan perangkat pembelajaran, pemilihan format dan rancangan awal. Pada tahap develops melalui riset payung dikembangkan instrumen penelitian berupa instrumen non tes, salah satunya produknya adalah lembar penilaian diri dan instrumen tes yaitu soal tes. Produk tersebut dilakukan validasi oleh expert dan uji coba terbatas diberikan kepada 10 orang peserta didik dan melakukan uji coba lapangan kepada 63 orang peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan instrumen non tes yang dikembangkan layak untuk memetakan kompetensi kognitif peserta didik. Hasil pemetaan kompetensi kognitif peserta didik lembar penilaian diri yang telah di kembangkan pada kelas XI IPA 72,08 dan soal tes 71,08 dan memilliki predikat baik(B). Dengan demikian, dapat diprediksi instrumen non tes dapat memetakan kompetensi kognitif peserta didik kelas XI materi momentum dan Impuls.
Kata kunci: instrumen non tes, scientific approach, kompetensi kognitif
Abstract
This research describes the development of non science-based test instruments for the mapping of physics learning outcomes of high school students of class XI IPA on cognitive competence. This research design utilizes 4-D model pioneered by Thiagarajan-Semmel (1974) consisting of 4 main stages, define, design, develops and dessemination. At the define stage, perform front-end analysis, learner analysis, task analysis and concept analysis, curriculum analysis and learning objectives. In the design stage do planning the making of learning devices, selection of initial formats and design. At the stage of development through research umbrella developed research instruments in the form of non-test instruments, one of which the product is a self-assessment sheet and test instrument is a matter of test. The product is validated by the expert and the limited trial is given to 10 students and conducting field trials to 63 students.The results show non-test instruments developed eligible to map the cognitive competencies of learners. Results of mapping cognitive competence of students self assessment sheets that have been developed in class XI IPA 72.08 and test questions 71.08 and have good predicate (B). Thus, predictable non-test instruments can map the cognitive competencies of class XI students of momentum and Impulse material.
Keywords: non test instrument, scientific approach, cognitive competence

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i8.9201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.