PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MINDSCAPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA THE DEVELOPMENT OF STUDENTS WORKSHEET (LKPD) BASED ON MINDSCAPING TO IMPROVE CRITICAL AND CREATIVE THINGKING SKILLS IN GRADE X STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL
edi istiyono,
Abstract
Dwitami Hediati, Edi Istiyono
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk LKPD berbasis mindscaping yang layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik kelas X SMA pada materi impuls dan momentum linear, dan (2) mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis mindscaping dalam proses pembelajaran terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik kelas X SMA pada materi impuls dan momentum linear.Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan 4-D model yang dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Desain uji produk lapangan adalah randomized control group pretest-posttest design. Data yang diamati adalah respon peserta didik, penilaian LKPD hasil pekerjaan peserta didik, aktivitas peserta didik, dan penilaian mindscaping.Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk LKPD berbasis mindscaping yang diujicobakan pada peserta didik kelas X MIPA 1 (1) layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan penilaian dari dosen fisika dan guru fisika pada aspek penilaian didaktif, konstruksi, dan teknis yang memiliki kategori sangat baik, dengan proses pembelajaran sesuai dengan total waktu yang dibutuhkan, serta respon positif peserta didik terhadap LKPD berbasis mindscaping, dan (2) terdapat pengaruh dalam penggunaan LKPD berbasis mindscaping. Hasil posttest pada t-test menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan kreatif masing-masing bernilai sama yaitu 0,000 < 0,05. Artinya terdapat pengaruh dari penggunaan LKPD berbasis mindscaping dengan LKPD konvensional, serta secara signifikan ketercapaian peserta didik dalam keterampilan berpikir kritis dan kreatif secara rata-rata dalam penggunaan LKPD berbasis mindscaping berdasarkan gain skor mengalami peningkatan sebesar 39,7% dan 41,7%, sedangkan pada LKPD konvensional mengalami peningkatan sebesar 32,1% dan 35,1%.
Kata kunci: LKPD, mindscaping, keterampilan berpikir kritis dan kreatif
ABSTRACT
The objectives of this research are: (1) to produce LKPD based on mindscaping product which is feasible to be used in learning process to improve critical thinking and creative skills of grade X of senior high school on impulses and linear momentum, and (2) to know the effect of LKPD based on mindscaping in process learning on improving critical and creative thinking skills grade X of senior high school students on impulse material and linear momentum. This type of research is a developmental study using 4-D model implemented in 4 stages: Define, Design, Develop, and Disseminate. Product field test design is randomized control group pretest-posttest design. The observed data indicate that LKPD based on mindscaping product tested on the students of X MIPA 1 class (1) is feasible to be used in the learning process based on the appraisal of physics and physics teacher lecturers on the aspects of active, construction, and technical assessments that have very good categories, with learning process in accordance with the total time required, and positive response of learners to LKPD based on mindscaping, and (2) there is influence in the use of LKPD based on mindscaping. The posttest result on the t-test shows that critical and creative thinking skills are each valued at 0,000 <0,05. This means that there is influence from the use of LKPD based on mindscaping with conventional LKPD, as well as significantly achievement of learners in critical thinking and creative thinking on average in the use of mindset based LKPD based on gain score increased by 39,7% and 41,7%, while in the conventional LKPD increased by 32,1% and 35,1%.
Keywords: LKPD, Mindscaping, Critical and Creative Thinking Skills
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i8.9195
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |