PENGEMBANGAN JOBSHEET FISIKA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI DAN TANGGAPAN TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 SANDEN THE DEVELOPMENT OF PHYSIC JOBSHEET ON MATERIAL MOMENTUM AND IMPULSES TO INCREASE STUDY RESULT IN TERM OF MOTIVATION AND LEARNING RESPONSE TO PHYSIC STUDY IN THE CLASS X OF SMA N 1 SANDEN
suparwoto suparwoto,
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kelayakan jobsheet fisika dengan materi momentum dan impuls; (2) peningkatan hasil belajar peserta didik dengan media jobsheet; (3) hubungan motivasi dan tanggapan pembelajaran terhadap hasil belajar; dan (4) sumbanan motivasi dan tanggapan pembelajaran terhadap terhadap hasil belajar.Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan Penelitian Pengembangan (Research and Development) model 4D dan Eksperimen.Analisis data antara lain menggunakan analisis kriteria validasi SBI untuk kelayakan produk, uji-t untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, dan anakova untuk mengetahui hubungan serta sumbangan variabel kovarian terhadap hasil belajar.Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa produk jobsheet fisika dengan perlehan skor 99,5 atau dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh signifikansinya 0,000 < a (0,05) disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan jobsheet yang dikembangkan. Berdasarkan uji korelasi ganda kovarian pada uji anakova diperoleh Freg = 7,99 > 1, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan tanggapan pembelajaran dengan hasil belajar peserta didik. Variabel motivasi memberikan sumbangan efektif sebesar 25,79% dan variabel tanggapan pembelajaran memberikan sumbangan efektif sebesar 2,95%.
Katakunci:jobsheet, hasil belajar, motivasi, tanggapan
ABSTRACT
This research was aimed to describe: (1) the feasibility of physic jobsheet on material momentum and impulses; (2) increase the study result with jobsheet (3) the relation between motivation and responses with study result; and (4) contribution of motivation and response to study result.This type of research is to use a Research and Development 4D model and eksperiment.Analysis used validation criteria SBI to know feasibility of product, t-test to know increase the study result, and Anacova to know contribution of covariance variable to result study.The results of experiment showed that the resulting product physic jobsheet were met average total votes amounting validator 99,5 with the aspects of validity meets both criteria. Based on the evaluation, t-test obtained the significance is 0,000 < a (0,05) which concluded there has been increase study result using jobsheet developed. Based on the double correlation kovarian Anacova obtained Freg = 7,99 > 1, so there a significant relation of the motivation and learning responses to study results. Motivation variable makes a contribution effective is 25,79 % and responses learning makes a contribution efective is 2,95%.
Keywords:physic jobsheet, motivation, learning responses, study result.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kelayakan jobsheet fisika dengan materi momentum dan impuls; (2) peningkatan hasil belajar peserta didik dengan media jobsheet; (3) hubungan motivasi dan tanggapan pembelajaran terhadap hasil belajar; dan (4) sumbanan motivasi dan tanggapan pembelajaran terhadap terhadap hasil belajar.Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan Penelitian Pengembangan (Research and Development) model 4D dan Eksperimen.Analisis data antara lain menggunakan analisis kriteria validasi SBI untuk kelayakan produk, uji-t untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, dan anakova untuk mengetahui hubungan serta sumbangan variabel kovarian terhadap hasil belajar.Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa produk jobsheet fisika dengan perlehan skor 99,5 atau dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh signifikansinya 0,000 < a (0,05) disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan jobsheet yang dikembangkan. Berdasarkan uji korelasi ganda kovarian pada uji anakova diperoleh Freg = 7,99 > 1, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan tanggapan pembelajaran dengan hasil belajar peserta didik. Variabel motivasi memberikan sumbangan efektif sebesar 25,79% dan variabel tanggapan pembelajaran memberikan sumbangan efektif sebesar 2,95%.
Katakunci:jobsheet, hasil belajar, motivasi, tanggapan
ABSTRACT
This research was aimed to describe: (1) the feasibility of physic jobsheet on material momentum and impulses; (2) increase the study result with jobsheet (3) the relation between motivation and responses with study result; and (4) contribution of motivation and response to study result.This type of research is to use a Research and Development 4D model and eksperiment.Analysis used validation criteria SBI to know feasibility of product, t-test to know increase the study result, and Anacova to know contribution of covariance variable to result study.The results of experiment showed that the resulting product physic jobsheet were met average total votes amounting validator 99,5 with the aspects of validity meets both criteria. Based on the evaluation, t-test obtained the significance is 0,000 < a (0,05) which concluded there has been increase study result using jobsheet developed. Based on the double correlation kovarian Anacova obtained Freg = 7,99 > 1, so there a significant relation of the motivation and learning responses to study results. Motivation variable makes a contribution effective is 25,79 % and responses learning makes a contribution efective is 2,95%.
Keywords:physic jobsheet, motivation, learning responses, study result.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i8.9194
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |