PENGEMBANGAN INSTRUMEN NON TES BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK PEMETAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADAKOMPETENSI PSIKOMOTORIK THE DEVELOPMENT OF NON TEST INSTRUMENTS BASED ON SCIENTIFIC APPROACH FOR THE MAPPING OF PHYSICS LEARNINGRESULT TOWARD HIGH SCHOOL STUDENTS IN PSYCHOMOTORIC COMPETENCY
mundilarto mundilarto,
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen non tes berbasis scientific approach untuk pemetaan hasil belajar fisika siswa SMA pada kompetensi psikomotorik yang layak dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4-D models. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4. Instrumen non tes yang dihasilkan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, penilaian diri, dan penilaian teman sebaya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa instrumen non tes untuk penilaian kompetensi psikomotorik beserta perangkat pembelajaran yang mendukung dalam penelitian layak digunakan.Hasil validitas instrumen non tes dengan rumus Aiken, diperoleh angka 0,885-1 dan memenuhi kriteria valid untuk semua item. Hasil reliabilitas instrumen non tes berdasarkan koefisienCohen Kappa masuk dalam kategori baik karena memperoleh untuk lembar pengamatan dan untuk penilaian diri dan penilaian teman sebaya.Berdasarkan hasil uji coba lapangan, instrumen non tes yang dikembangkan mempermudah guru dalam melakukan penilaian kompetensi psikomotorik.
Kata kunci :instrumen non tes, scientific approach, pemetan hasil belajar, kompetensi psikomotorik.
ABSTRACT
The goal of this research is to produce the non-test instrument based on scientific approach to map the studying result of physics subject of high school students specified in psychomotor competence which proper and effective. Research design used in this research is Research and Development of 4-D model. The subject of this research is the students of SMA Negeri 6 Yogyakarta in grade XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, and XI IPA 4. Non-test instruments resulted in this research are observation sheet, self-assessment, and peer assesment. The result of this research concludes that the non test instrument for the assessment of psychomotoric competence and the supporting instructional media in the research are decent to be used.The validity result with Aiken formulaobtains numbers in range 0.885-1 and it can be categorized as valid for all items. The reliability result based on the coefficient of Cohen Kappa is in good category because obtain for the observation sheet and for the self assessment and peer assessment.Based on the results of field trials, the developednon-test instruments make teacher’s processin conducting psychomotoric competence assessment easier.
Keywords: non test instrument, scientific approach, mapping the study result, psychomotoric competence
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen non tes berbasis scientific approach untuk pemetaan hasil belajar fisika siswa SMA pada kompetensi psikomotorik yang layak dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4-D models. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4. Instrumen non tes yang dihasilkan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, penilaian diri, dan penilaian teman sebaya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa instrumen non tes untuk penilaian kompetensi psikomotorik beserta perangkat pembelajaran yang mendukung dalam penelitian layak digunakan.Hasil validitas instrumen non tes dengan rumus Aiken, diperoleh angka 0,885-1 dan memenuhi kriteria valid untuk semua item. Hasil reliabilitas instrumen non tes berdasarkan koefisienCohen Kappa masuk dalam kategori baik karena memperoleh untuk lembar pengamatan dan untuk penilaian diri dan penilaian teman sebaya.Berdasarkan hasil uji coba lapangan, instrumen non tes yang dikembangkan mempermudah guru dalam melakukan penilaian kompetensi psikomotorik.
Kata kunci :instrumen non tes, scientific approach, pemetan hasil belajar, kompetensi psikomotorik.
ABSTRACT
The goal of this research is to produce the non-test instrument based on scientific approach to map the studying result of physics subject of high school students specified in psychomotor competence which proper and effective. Research design used in this research is Research and Development of 4-D model. The subject of this research is the students of SMA Negeri 6 Yogyakarta in grade XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, and XI IPA 4. Non-test instruments resulted in this research are observation sheet, self-assessment, and peer assesment. The result of this research concludes that the non test instrument for the assessment of psychomotoric competence and the supporting instructional media in the research are decent to be used.The validity result with Aiken formulaobtains numbers in range 0.885-1 and it can be categorized as valid for all items. The reliability result based on the coefficient of Cohen Kappa is in good category because obtain for the observation sheet and for the self assessment and peer assessment.Based on the results of field trials, the developednon-test instruments make teacher’s processin conducting psychomotoric competence assessment easier.
Keywords: non test instrument, scientific approach, mapping the study result, psychomotoric competence
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i7.9184
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |