PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HIGH ORDER THINKING PADA MATA PELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X MAN YOGYAKARTA 3 APPLICATION MODEL OF COOPERATIVE LEARNING WITH THINK PAIR SHARE TYPE TO INCREASE HIGH ORDER THINKING IN SUBJECT MATTER PHYSISC OF TENTH GRADE AT MAN YOGYAKARTA 3

azza ismu annisa azza ismu annisa, , Indonesia
subroto subroto, , Indonesia

Abstract


Intisari-Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika aspek kognitif peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model cooperative learning tipe TPS dan model direct instructional, dan (2) Mengetahui   perbedaan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika aspek kognitif peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model cooperative learning tipe TPS dan model direct instructional..

Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental, dengan desain penelitian pretest- posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN Yogyakarta 3. Pengambilan

sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Nonprobability Purposive Sampling yang terdiri atas 30 peserta didik

kelas  X  IPA  2  sebagai  kelas  eksperimen  dan  30  peserta  didik  kelas  X  IPA  5  sebagai  kelas  kontrol,  teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes (pretest dan posttest). Teknik pengujian instrumen menggunakan

program  analisis  butir  QUEST  dan  teknik  pengujian  prasyarat  analisis  menggunakan  uji  Normalitas  dan  uji

Homogenitas. Sedangkan teknik pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t test dan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi menggunakan rerata standart gain..

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara pembelajaran

menggunakan model cooperative learning tipe TPS dengan model direct instructional. Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dibandingkan dengan model direct instructional. (2) Berdasarkan rerata standar gain, peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika aspek kognitif  peserta didik yang menggunakan model cooperative learning tipe TPS lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model direct instructional, sehingga bisa dikatakan terdapat perbedaan peningkatan yang cukup signifikan.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat tinggi, Think Pair Share, dan Direct Instructional.

 

Abstract-This research purposes to know (1) the difference of high order thinking skill through cooperative learning model with type TPS with direct instructional, (2) the difference of increses of high order thinking skill through cooperative learning model with type TPS and direct instructional.

The method was used in this experiment is quasi experimental, with pretest-posttest group design. The population of this research are student of MAN Yogyakarta III in grade X. We use nonprobability purposive sampling to take the

sample, consisting of 30 students in X IPA 2 as experiment class and X IPA 5 as control class. Technique to collect

data use pretest and posttest. To examine the instrument we use QUEST program and to examine the analyze prerequisite use normality test and homogenity test. Whereas to examine the hypotheses we use independent sample t test and to know the increases of high order thinking skill we uses gain value.

The result of research shown that (1) there a difference of high order thinking skill of student between cooperative learning type TPS with direct instructional. Student that use cooperative learning type TPS better than direct instructional (2) Based on gain value, the increase of High order thinking of students with cooperative learning with type TPS better than direct instructional, so that we could said there were the significant different of high order thinking skill.

 

Key words: High Order Thinking, Think Pair Share, and Direct Instructional.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v5i3.852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Fisika - S1



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.