PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIBERI PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI SMK SILIWANGI AMS BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS THE DIFFERENCES BETWEEN THE STUDENTS LEARNING OUTCOMES THROUGH COOPERATIVE MODEL LEARNING OF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) AND DIRECT INSTRUCTION MODEL ON MATERIAL OF FLUIDA STATIS AT SMK SILIWANGI AMS BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS

roby akbar taufik,
yusman wiyatmo,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan hasil belajar pada ranah kognitif dan ranah psikomotor antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif NHT dengan siswa yang diberi model pembelajaran langsung pada materi pokok fluida statis di SMK Siliwangi AMS Banjarsari, dan 2) manakah yang lebih baik antara model pembelajaran NHT dan model pembelajaran langsung untuk capaian hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotor materi pokok Fluida Statis siswa SMK Siliwangi AMS Banjarsari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada 3 kelas X TKR di SMK Siliwangi AMS Banjarsari. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh siswa kelas X TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X TKR 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini meliputi: soal pretest dan posttest, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), LKPD ranah kognitif, LKPD ranah psikomotor, dan Lembar Observasi Psikomotor (LOP). Analisis untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan ranah psikomotor menggunakan Uji Mann-Whitney (U-test).Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar pada ranah kognitif dan ranah psikomotor siswa di SMK Siliwangi AMS Banjarsari antara yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dengan yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung pada materi pokok fluida statis, dengan hasil belajar pada ranah kognitif dan ranah psikomotor siswa diperoleh lebih baik pada siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran koopertaif NHT, dan 2) model pembelajaran NHT lebih baik dibanding model pembelajaran langsung untuk capaian hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotor materi pokok fluida statis siswa SMK Siliwangi AMS Banjarsari.
Kata kunci: Number Head Together (NHT), pembelajaran langsung, hasil belajar, ranah kognitif, ranah psikomotor.
Abstract
This research aims to know: 1) the differences of the students learning outcomes on cognitive domain and psychomotor domain between the students given the cooperative learning model of NHT and the students given the direct instruction model on material of fluida static at SMK Siliwangi AMS Banjarsari, then 2) where learning model better of NHT and direct instruction learning model to learning outcomes on cognitive domain and psychomotor domain on material of fluida static student SMK Siliwangi AMS Banjarsari. This research is an experimental research by using pretest-posttest control group design as the research design. The population of the research are the whole of the students of the X TKR at 3rd grade of SMK Siliwangi AMS Banjarsari. The sample of the research are students of the X TKR 2 as the experimental class and the students of the X TKR 1 as the control class which are taken through sampling purposive The instrument of the research includes: pretest and posttest questions, lesson plan, LKPD of cognitive domain, LKPD of psychomotor domain, and pshycomotor observation sheet. The analysis of the research is to know the differences of the students learning outcomes on cognitive and pshycomotor domains through Mann-Whitney Test (U-test). Based on the research result, it concludes that: 1) there is a difference of the students cognitive domain and psychomotor domain outcomes on the students given the NHT cooperative learning model and the students given the direct instruction model on material fluida of static at SMK Siliwangi AMS Banjarsari, with students learning outcomes in the cognitive domain obtained better on the students given the NHT model, then 2) NHT learning model better of direct instruction learning model to cognitive domain and psychomotor outcomes on material of fluida static student SMK Siliwangi AMS Banjarsari
Keywords: Number Head Together (NHT), direct instruction, the students learning outcomes, cognitive domain, psychomotor domain.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i6.8374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.