PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA THE DEVELOPMENT OF PHYSICS LEARNING MEDIA BASED ON SOCIAL MEDIA INSTAGRAM AS SELF LEARNING RESOURCES TO IMPROVE MOTIVATION AND ACHIEVEMENT ON PHYSICS LEARNING OF THE ELEVENTH GRADE STUDENT OF SENIOR HIGH SCHOOL

ichwan restu nugroho,
bambang ruwanto,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk media pembelajaran fisika berbasis media sosial Instagram yang layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa; dan 2) meningkatkan prestasi dan motivasi belajar fisika materi pokok efek rumah kaca setelah diimplementasikan media pembelajaran fisika berbasis media sosial Instagram dengan mengunggah materi pembelajaran dalam bentuk gambar dan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi penilaian, lembar angket motivasi, lembar pretest dan posttest, dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan produk yang diperoleh: 1) kelayakan produk yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian validator termasuk dalam kategori sedang; 2) peningkatan motivasi belajar siswa berada dalam kategori sedang dengan nilai standar gain <g> sebesar 0,43; dan peningkatan prestasi siswa berada dalam kategori sedang dengan nilai standar gain <g> sebesar 0,61.
Kata kunci: Instagram, motivasi, prestasi
ABSTRACT
This research is aimed to: 1) produce a product of physics learning media based on social media Instagram as a suitable self learning resouces for students; 2) improve students’ ahievement and motivation to learn physics on the greenhouse effect subject after the physiscs learning media based on social media Instagram is implemented by uploading learning materials in the form of pictures and videos. This research is a Research and Development (R&D) with a 4-D model (Define, Design, Develop, Disseminate). The Instruments of data collection are assessment validation, motivation questionaire, pretest and posttest, and student response questionaire. Techniques of data analysis used are qualitative and quantitative analysis. The results of the product development research are: 1) Product feasibility developed by validator assessment is in medium category. 2) improvement on physics learning motivation is in medium category with a standard gain <g> value of 0,43; improvement on physics learning achievement is in medium category with a standar gain <g> value of 0,61.
Keyword: Instagram, motivation, achievement

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i6.8364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.