PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VLOG (VIDEO BLOGGING) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN DAN MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 NGAGLIK DEVELOPING OF LEARNING MEDIA VLOG (VIDEO BLOGGING) FOR WORK AND ENERGY SUBJECT MATTER TO INCREASE INDEPENDENT CHARACTER AND TO INCREASE MASTERY OF CONCEPT TENTH GRADE STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL 2 NGAGLIK
yusman wiyatmo,
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk media pembelajaran fisika video blogging yang layak untuk menumbuhkan kemandirian belajar serta meningkatkan penguasaan konsep, 2) mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Fisika Video blogging, dan 3) mengetahui peningkatan penguasaan konsep fisika ketika siswa menggunakan media pembelajaran fisika video blogging. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D dengan tahap define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media video blogging pembelajaran fisika yang dikembangkan layak digunakan oleh sasaran pengguna berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan guru SMA kelas X dengan hasil rata-rata dari segi media sebesar 3,22 (sangat baik) dan segi materi sebesar 3,12 (sangat baik), serta hasil respon peserta didik 2,98 (baik) pada uji coba terbatas dan 3,08 (sangat baik) pada uji coba luas, 2) media video blogging pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik SMAN 2 Ngaglik dengan kategori sedang, dan 3) peningkatan penguasaan materi peserta didik setelah peserta didik melihat tayangan video blogging pada kategori sedang.
Kata kunci: video blogging, kemandirian belajar, penguasaan konsep, usaha dan energi.
Abstract
This research take aims 1) to produce physics educational video blogging for increasing study independency and concepts mastery 2) to know students study independency after using the educational video blogging and 3) to know the physics's mastering level of the students when using the educational video blogging.This study is Reasearch and Development R&D) contained 4-D model include 4 stages which is define, design, develop, and disseminate The research finding shows that (1) physics educational video blogging suitable to used by students based on the scoring from media expert, content expert and 1st year Teach; the average scores are 3.22 (very good) from the media, 3,12 (very good) from the content and the results from the students are 2,98 (good) from the limited test and 3,08 (very good)from the unlimited test. (2) Physics educational video blogging, for work and energy subejct proved could increase the study independency (3) the physics's mastering level after watching the video is on Intermediate level
Keywords: video blogging, study independency, physics mastering level, work and energy.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk media pembelajaran fisika video blogging yang layak untuk menumbuhkan kemandirian belajar serta meningkatkan penguasaan konsep, 2) mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Fisika Video blogging, dan 3) mengetahui peningkatan penguasaan konsep fisika ketika siswa menggunakan media pembelajaran fisika video blogging. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D dengan tahap define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media video blogging pembelajaran fisika yang dikembangkan layak digunakan oleh sasaran pengguna berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan guru SMA kelas X dengan hasil rata-rata dari segi media sebesar 3,22 (sangat baik) dan segi materi sebesar 3,12 (sangat baik), serta hasil respon peserta didik 2,98 (baik) pada uji coba terbatas dan 3,08 (sangat baik) pada uji coba luas, 2) media video blogging pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik SMAN 2 Ngaglik dengan kategori sedang, dan 3) peningkatan penguasaan materi peserta didik setelah peserta didik melihat tayangan video blogging pada kategori sedang.
Kata kunci: video blogging, kemandirian belajar, penguasaan konsep, usaha dan energi.
Abstract
This research take aims 1) to produce physics educational video blogging for increasing study independency and concepts mastery 2) to know students study independency after using the educational video blogging and 3) to know the physics's mastering level of the students when using the educational video blogging.This study is Reasearch and Development R&D) contained 4-D model include 4 stages which is define, design, develop, and disseminate The research finding shows that (1) physics educational video blogging suitable to used by students based on the scoring from media expert, content expert and 1st year Teach; the average scores are 3.22 (very good) from the media, 3,12 (very good) from the content and the results from the students are 2,98 (good) from the limited test and 3,08 (very good)from the unlimited test. (2) Physics educational video blogging, for work and energy subejct proved could increase the study independency (3) the physics's mastering level after watching the video is on Intermediate level
Keywords: video blogging, study independency, physics mastering level, work and energy.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i5.8356
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |