EFEKTIVITAS ALAT PERAGA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN ALAT PERAGA RIIL TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA N 3 KLATEN MATERI FLUIDA DINAMIS THE EFFECTIVENESS OF TEACHING PROPS USING AUDIO-VISUAL MEDIA AND REAL TEACHING PROPS TOWARDS THE IMPROVEMENT OF LEARNING INTEREST AND LEARNING OUTCOMES ON STUDENT OF SMA N 3 KLATEN IN DYNAMIC FLUID MATERIAL

Anggi Marsella,
Yusman Wiyatmo,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan peningkatan  minat belajar antara peserta didik yang  mengikuti pembelajaran dengan media audio visual dan alat peraga riil, 2) perbedaan peningkatan  hasil belajar antara peserta didik yang  mengikuti pembelajaran dengan media audio visual dan alat peraga riil, 3) mengetahui alat peraga yang efektif untuk meningkatkan minat belajar, dan 4) mengetahui alat peraga yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posstest design.Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 sampai dengan XI IPA 7.Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen 2.Instrumen pembelajaran dalam penelitian ini diantaranya adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, media pebelajaran dan LKPD.Sedangkan untuk instrumen pengambilan data adalah soal pretest-posttest dan angket minat peserta didik yang sudah dinyatakan valid dan reliabel.Analisis untuk mengetahui perbedaan peningkatan minat dan hasil belajar dianalisis menggunakan uji Gain dan Man-Whitney. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa: 1) ada perbedaan peningkatan minat belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan media audio visual dan alat peraga riil, 2) ada perbedaan peningkatan hasil belajar antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan media audio visual dan alat peraga riil dan 3) alat peraga rill efektif dalam meningkatkan minat belajar, dan 4) alat peraga media audio visual efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

 

Kata Kunci : Media Audio Visual. Alat Peraga Riil, Minat Belajar, Hasil belajar.

 

 

                                                        ABSTRACT
This study aimed to determine: 1) the difference in the increase of learning interest among learners who follow the learning using the audio-visual media and realteaching props, 2) the difference in the improvement of learning outcomes among learners who follow the learning with audio-visual media and real teaching props 3) Knowing the effective teaching aids to increase learning interest, and 4) knowing the effective teaching props to improve learning outcomes. This research was a quasi-experimental research with pretest-posttest design. The population of this study were students of class XI IPA 1 to XI IPA 7. The sampling technique of this study wascluster random sampling and was obtained class XI IPA 7 as experimental class 1 and XI IPA 6 as experimental class 2. The learning instruments in this study were Learning Plan, learning media and LKPD. While the data collection instrument used pretest-posttest and questionnaire of learning interestwhich have been declared valid and reliable. The differences in learning interest and learning outcomes was analyzed using Gain and Man-Whitney tests. Based on the result of the research, it can be concluded that: 1) there is a difference in the increase of learning interest among learners who follow the learning using audio-visual media and real teaching props, 2) there is difference of learning outcome improvement between learners who follow the learning using audio visual media and realteaching props and 3) real teaching props are effective in improving learning interest, and 4) audio-visual media are effective in improving learning outcomes.                                                                        

Keywords: Audio-Visual Media, Real Teaching Props, Learning Interest, Learning Outcomes.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i5.8278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.