PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN BERBASIS AUTHENTIC LEARNING PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 JATISRONO THE DEVELOPMENT OF ENRICHMENT MODULE BASED ON AUTHENTIC LEARNING IN FLUID DYNAMIC SUBJECT MATTER TO IMPROVE LEARNING MOTIVATION AND CONCEPT COMPREHENSION FOR ELEVENTH GRADE STUDENT OF SMA NEGERI 1 JATISRONO

Rachmawati Ratna Triuitami,
Bambang Ruwanto,

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk pengembangan modul pengayaan berbasis authentic learning yang layak untuk pembelajaran materi pokok fluida dinamis guna meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik SMA kelas XI, 2) menunjukkan besar peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan modul pengayaan berbasis authentic learning pada materi pokok fluida dinamis untuk peserta didik SMA kelas XI, 3)  menunjukksn besar peningkatan pemahaman konsep peserta didik dengan modul pengayaan berbasis authentic learning pada materi pokok fluida dinamis untuk peserta didik SMA kelas XI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian adalah 1) produk pengembangan modul pengayaan berbasis authentic learning layak untuk pembelajaran materi pokok fluida dinamis karena dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik, 2) peningkatan motivasi belajar peserta didik berada pada kategori sedang dengan standar gain <g> sebesar 0,41 untuk kelas XI IPA 1 dan standar gain <g> sebesar 0,36 untuk kelas XI IPA 2, 3) peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik berada kategori sedang dengan standar gain <g> sebesar 0,36 untuk kelas XI IPA 1 dan standar gain <g> sebesar 0,42 untuk kelas XI IPA 2.

 

Kata Kunci : modul pengayaan berbasis authentic learning, motivasi belajar, pemahaman konsep

 

 

 

ABSTRACT

 

This research is aimed to: 1) produce a development an enrichment module based on authentic learning that is suitable for learn of fluid dynamic subject matter to improve learning motivation and concept comprehension for eleventh grade students of Senior High School , 2) show how much to improve learning motivation with an enrichment module based on authentic learning that is suitable for learn of fluid dynamic subject matter for eleventh grade students of Senior High School, 3) show how much to improve an concept comprehension with an enrichment module based on authentic learning that is suitable for learn of fluid dynamic subject matter for eleventh grade students of Senior High School. This is a kind of research development using 4-D models that is doing in 4 steps, such as define, design, develop, and disseminate. Result show that 1) development product of enrichment module based on authentic learning is suitable for learn of fluid dynamic subject matter to improve learning motivation and concept comprehension for eleventh grade students of Senior High School, 2) the improvement of learning motivation was in moderate category with standard gain <g> 0,41 for grade XI IPA 1 and standard gain <g> 0,36 for grade XI IPA 2, 3) the improvement of concept comprehension was in moderate category with standard gain <g> 0,36 for grade XI IPA 1 and standard gain <g> 0,42 dor grase XI IPA 2.

 

Key words: enrichment module based on authentic learning, learning motivation, concept comprehension


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i5.8272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.