PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MELALUI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FLUIDA DINAMIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL DAN KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KLATEN DEVELOPING LEARNING THROUGH CONCEPT MAP TO INCREASE UNDERSTANDING OF FLUID DYNAMICS THROUGH THE INITAL CAPABILITY OF MATHEMATIC COMPETENCE OF ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 3 KLATEN

Cucu Cahyaningsih,
Suparwoto Suparwoto,

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikam kelayakan model pembelajaran melalui peta konsep yang dikembangkan, mengungkap peningkatan penguasaan konsep fluida dinamis yang ditinjau dari kemampuan awal dan kemampuan matematis siswa, dan mengungkap sumbangan variabel kovariat (kemampuan awal dan kemampuan matematis terhadap penguasaan konsep fluida dinamis siswa. Model Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan Thiagarajan menjadi model pengembangan 4-D (Four D Models). Tahap-tahap penelitian ini yaitu : (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (develop), diteruskan dengan pembelajaran di kelas dengan eksperimen model pretest-posttest gruop design dan tahap diseminasi (deseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA I dan kelas XI MIPA II SMA N 3 Klaten untuk uji coba pembelajaran Fisika melalui peta konsep. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket validasi produk, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen tes. Teknik analisis data antara lain menggunakan analisis deskriptif untuk hasil validasi LKS, persentase untuk keterlaksanaan pembelajaran, dan uji anakova untuk memberikan kontribusi keberlangsungan pembelajaran yang difokuskan pada hasil belajar kognitif Fisika yang dikembangkan di kelas berupa penguasaan konsep fluida dinamis. Hasil Penelitian pengembangan menunjukkan bahwa dihasilkan produk LKS dengan pembelajaran melalui peta konsep memiliki nilai A, dalam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis t kovarian dan BRS terhadap hasil belajar kognitif berupa penguasaan konsep fluida dinamis didapatkan nilai t kovarian 9,93 dan nilai BRSnya 8,45. Karena nilai t kovarian>BRS maka dapat dinyatakan ada perbedaan yang signifikan. Variabel kemampuan awal memberikan sumbangan efektif terhadap penguasaan konsep fluida dinamis lebih besar (16,09%) jika dibandingkan variabel kemampuan matematis (8,90%).

Kata kunci : Pembelajaran melalui peta konsep, LKS, kemampuan awal, kemampuan matematis, penguasaan konsep fluida dinamis.

 

Abstract

This study aims to describe learning properness through mind map which is developed, to reveal increasing of fluid dynamics understanding through the initial capability of mathematic competence, and to reveal the contribution of covariance variable (initial capability and mathematic competence concerning the understanding of fluid dynamics students’ concept). Research type which is used is Research and Development (R&D) which is developed by Thiagarajan to be development model of 4-D (Four D Models). The research steps includes : (1) defining stage, (2) designing stage, (3) developing stage and (4) deseminating stage. The research object is students of  XII IPA I class and XI MIPA II class at SMA N 3 Klaten for Physics learning try out through mind map. Research instrument that is used in this research is including product validity questionnaire, observation sheet of learning realization and test instrument. Data analysis technique was using descriptive analysis for LKS validation result, percentage for learning realization, and ANACOVA test for the contribution of learning realization which is focused on cognitive physics learning result which is developed in the class that is understanding of fluid dynamics concept.The research findings show that LKS product with learning through mind map has A grade, which is in very good category. Based on t covariance and BRS analysis concerning cognitive learning result that is understanding fluid dynamics concept, it is found that t covariance value is 9.93 and BRS value is 8.45. Regarding t covariance value is >BRS, thus it is concluded that there is significant difference. Initial capability variable gives effective contribution towards understanding of fluid dynamics concept greater (16.09%) than mathematic competence (8.90%).

Keywords : Learning through mind map, LKS, initial capability, mathematic competence, understanding of fluid dynamics concept.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i4.7447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.