PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 JETIS PADA MATERI POKOK KESEIMBANGAN BENDA TEGAR POCKET BOOK LEARNING MEDIA DEVELOPMENT BASED ON DIGITAL ANDROID TO INCREASE INTEREST AND OUTCOMES LEARNING OF PHYSICS STUDENTS GRADE SMA N 1 JETIS IN THE SUBJECT MATTER BALANCE OF BODY RIGIT

Apri Widodo,
Yusman Wiyatmo,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku saku digital berbasis android yang layak untuk pembelajaran. Selain itu, untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan 4D model. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan pembuatan desain mediadanpenyusunan materi. Tahap develop dilakukan pembuatan produk, validasi, revisi I, uji terbatas, revisi II dan uji luas. Tahap develop dilakukan di Bimbel Solution Bantul dan SMA N 1 Jetis Bantul. Teknik analisis validitas media menggunakan (Content Validity Ratio) CVI. Teknik analisis peningkatan minat dan hasil belajar menggunakan standard gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku saku digital berbasisandroid layak digunakan untuk pembelajaran. Minat belajar siswa mengalami peningkatan pada uji terbatas dengan standard gain 0,475 (sedang) dan pada uji luas 0,649 (sedang). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada uji terbatas dengan standard gain 0,734 (tinggi) dan pada uji luas 0,876 (tinggi).

 

Kata-kata kunci: media, buku saku, android, minat, dan hasil belajar

 

Abstrak

This study aimed to produce digital pocket book based on android eligible for learning. In addition, to determine the increase in interest and student learning outcomes. This study was a research & development (R & D) with 4D models. Define stage was the initial stage of defining the problem. Design stage was done by media design manufacture and preparation of materials. Development stage conducted the manufacture of products, validation, revision I, limited testing, revision II and extensive test. Development stage was conducted in Solution Bimbel Bantul and SMAN 1 Jetis Bantul. Mechanical analysis of the validity used the media (Content Validity Ratio) CVI. Mechanical analysis of increasing interest and learning outcomes used the standard gain. The results showed that Android-based digital pocket book feasible to be used for learning. It increased student interest in a limited test with the highest gain of 0.475 (medium) and the comprehensive test 0.649 (medium). It increased student learning outcomes in a limited test with the highest gain of 0.734 (high) and the comprehensive test 0.876 (high).

Keyword:media, pocket book, android, interest, and learning outcomes

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i2.7415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.