PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET BASED ON MULTIPLE INTELLIGENCE TO IMPROVE STUDENT’S STUDY RESULT IN PHYSICS SUBJECT OF 10TH GRADE HIGH SCHOOL
Yusman Wiyatmo,
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk LKPD berbasis Multiple Intelligence yang layak, (2) meningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis Multiple Intelligence, dan (3) mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis Multiple Intelligence.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang berorientasi untuk mengembangkan LKPD berbasis Multiple Intelligence dengan model pengembangan 4-D yaitu: tahap define, tahap design, tahap develop, dan tahap disseminate. Data kelayakan penilaian LKPD berbasis Multiple Intelligence diperoleh dari hasil validasi dosen ahli, validasi guru fisika, uji coba terbatas, dan uji operasional. Data peningkatan hasil belajar difokuskan pada ranah kognitif yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest.Data respon peserta didik diperoleh dari angket respon.Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Silabus dan RPP secara berturut-turut memperoleh nilai SBi sebesar 4 (baik) dan 4,2 (baik), soal pretest-posttest memperoleh nilai validitas >0,77 dan <1,33 dengan reliabilitas 0,74 (reliabel) LKPD berbasis Multiple Intelligence layak digunakan dalam pembelajaran fisika dengan nilai CVI 0,59 (sangat baik) dan tingkat persetujuan secara berturut-turut pada LKPD I, II, dan III yaitu 97,57%, 99,45%, dan 99,5%, (2) besar peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif didapatkan nilai gain sebesar 0,43 dengan kategori sedang, (3) respon peserta didik yang dianalisis menggunakan smpangan baku diperoleh rata-rata total sebesar 4,28 dengan kategori sangat baik.
Kata-Kata Kunci: LKPD, Multiple Intelligence, hasil belajar
Abstract
This research aims to: (1) produce LKPD product based on proper Multiple Intelligence, (2) enchance student’s study results after using LKPD based on Multiple Intellgience, and (3) know the responce of student after using LKPD based on Multiple Intellgience. This research is a research and development (R&D) oriented to develop LKPD based on Multiple Intellgience with development model 4-D which is define stage, , design stage, develop stage, and disseminate stage. The data feasibility assessment of LKPD based on Multiple Intellegence is acquired from specialist lecturer validation, physics teacher validation, limited trial, and operation trial. The data of student result study improvement focuses on cognitive domain obtained from pretest and postest result values. Student’s response data is obtained from response questionnaire.The result analysis shows that (1) Silabus and RPP obtain the value of SBi 4 (good) and 4,2 (good), pretest-posttest validity value >0,77 and <1,33 and reliability 0,74 LKPD based on Multiple Intelligence is feasible to use in physic learning with CVI value 0,59 (very good) and the agreement grade in sequence of LKPD I, II, III are 97,57%, 99,45%, and 99,5%, (2). The value of result study in cognitive domain has gain value of 0,43 with medium category, (3) researcher analyses student response and obtains standard deviation of average 4,28 with category of very good.
Keywords: LKPD, Multiple Intelligence, study result.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i2.7407
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |