PERBEDAAN PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS ANTARA PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI PEMBELAJARAN MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI PENGUKURAN BESARAN PANJANG, MASSA DAN WAKTU THE DIFFERENCE INCREASED UNDERSTANDING OF CONCEPTS AND SKILLS PROCESS SCIENCE AMONGST STUDENTS WHO FOLLOWING LEARNING THROUGH THE METHOD OF DEMONSTRATION BY THE METHOD OF EXPERIMENT ON MATERIAL MEASUREMENT MAGNITUDE LENGTH, MASS AND TIME
Sukardiyono Sukardiyono,
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains antara peserta didik yang mengikut pembelajaran melalui metode demonstrasi dengan metode eksperimen pada materi pengukuran besaran panjang, massa dan waktu, (2) mengetahui metode pembelajaran yang lebih efektif dalam proses pembelajaran fisika di sekolah menengah, antara metode demonstrasi dan metode eksperimen pada materi pengukuran besaran panjang, massa dan waktu.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest control group. Sampel pada penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas X MIA-2 sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan metode pembelajaran eksperimen dan 28 peserta didik kelas X MIA-4 sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi pengukuran besaran panjang, massa dan waktu. Lembar observasi keterampilan proses sains peserta didik digunakan untuk mengetahui keterampilan proses sains yang dimiliki setiap peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji statistik analisis Multivariate Analysis of Variance (manova).Berdasarkan hasil uji statistik Multivariate Analysis of Variance pada nilai posttest, diketahui bahwa nilai F untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05, artinya harga F untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root semuanya signifikan.Maka dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains peserta didik antara kedua kelas eksperimen. Selanjutnya test of between-subjects effects menunjukkan bahwa hubungan metode pembelajaran dengan pemahaman konsep memiliki nilai F sebesar 0,188 dengan signifikansi 0,666, berarti bahwa tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kedua kelas yang menggunakan metode pembelajaran berbeda.
Kata kunci: pemahaman konsep, keterampilan proses sains, metode eksperimen, metode demonstrasi.
Abstract
This study aims to: (1) know the difference an improved understanding of the concept and science process skills among learners who follow learning through demonstration method with experimental methods in materials measuring the amount of length, mass and time, (2) determine the method more effective learning in the process learning physics in secondary schools, the method of demonstration and experimental methods in materials measuring the amount of length, mass and time.This study was an experimental study with a control group pretest design. Samples in this study were 28 students of class X MIA-2 as the experimental class 1 using the method of experimental learning and 28 students of class X MIA-4 as the experimental class 2, which uses learning methods demonstrations. Sampling in this study using simple random sampling technique. Data collection technique used to determine the pretest and posttest increased understanding of the concept of learners at the material magnitude measurements of length, mass and time. Observation sheets science process skills of learners used to determine the science process skills of every learner. Analysis of the data used is the prerequisite test analysis and hypothesis testing. Test requirements analysis using test of normality and homogeneity, while testing the hypothesis in this study is a statistical test analysis Multivariate Analysis of Variance (MANOVA).Based on the results of statistical tests Multivariate Analysis of Variance on the value posttest, it is known that the value of F to Pillai's Trace, Wilks 'lambda, Hotelling Trace, Roy's Largest Root significance smaller than 0.05, meaning that the price of F to Pillai's Trace, Wilks' Lambda , Hotelling Trace, Roy's Largest Root are all significant. It can be seen that there are significant differences in the science process skills of students between the two experimental classes. Further tests of between-subjects effects show that the relationship of learning methods with the understanding of the concept of having F value of 0.188 with 0.666 significance, meaning that there is no difference between the two classes of understanding the concept of the use of different learning methods.
Keyword: conceptual understanding, science process skills, the experimental method, the method of demonstration.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i1.5844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |