PENGEMBANGAN HANDOUT GUIDED PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA BERBENTUK URAIAN (THE DEVELOPMENT OF GUIDED PROBLEM SOLVING HANDOUT TO INCREASING STUDENT ABILITY TO SOLVE THE PHYSIC ESSAY PROBLEM)
Allesius Maryanto,
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan handout fisika berbasis guided problem solving yang layak digunakan dalam pembelajaran alat-alat optik. 2) Mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam ranah kognitif.
Materi pembelajaran fisika yang digunakan untuk handout yakni alat-alat optik, sedangkan subjek penelitian yang digunakan yakni siswa SMA kelas X MIA. Metode penelitian yang digunakan yakni 4-D model yang dikembangkan Sivasailam Thiagarajan (1974), yang memiliki tahapan meliputi difine, design, develope, dan disseminate. Dalam penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap develope, desain awal produk divalidasi oleh dosen ahli, praktisi dan teman sejawat, setelah itu direvisi, kemudian diujicobakan kepada siswa SMA N 2 Yogyakarta. Uji coba terbatas dilaksanakan pada 10 siswa kela X PMIA 1, sedangkan uji coba lapangan dilaksanakan pada siswa kelas X PMIA 2 di sekolah dan guru mata pelajaran yang sama.
Berdasarkan hasil pretest dan posttest siswa yang mengikuti pelajaran dengan menggunakan handout yang dikembangkan, menunjukkan adanya kenaikan hasil belajar siswa yang diukur dari nilai standard gain, yaitu sebesar 0,57 yang termasuk dalam kategori “sedang”. Sedangkan rata-rata nilai respon siswa terhadap handout yang dikembangkan dalam aspek isi adalah 3,60 berkategori baik, aspek bahasa dan gambar 3,66 berkategori baik, aspek fungsi 3,52 berkategori baik, aspek tampilan 3,48 berkategori baik. Jika nilai keseluruhan aspek dirata-rata besarnya 3,56 sehingga dapat disimpulkan handout yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran, juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa (0,57).
Kata-kata kunci: handout, guided problem solving, alat-alat optik
Abstract
This research aims to: 1) Produce physic handout base in guided problem solving which proper used in optic equipments study; 2) Know the increase of students ability in cognitive basic.
The topic of physic study that use in this handout is optic equipments, while the subjects of this research are students of senior high school grade X matematic and science. The development method using 4D method from Sivasailam Thiagarajan (1974), which have step from define, design, develope, and disseminate. In this research just done the steps until develope, beginning design of product validated by media and physic expert, practical, and colleague of university student, than the produc have revision and experimented to senior high school student. Limited experiment done to 10 students, and operational experiment done to 30 students of SMA 2 Yogyakarta with same school and teacher.
From the result of pretest and posttest student who follow the lessons use the handout which developed, show increases of the study result which measured by standart gain score, it is 0,57 mean “medium” category. While the average of students response score about developed handout in contain aspect is 3,60 mean “good”, language and picture aspect is 3,66 mean “good”, fungtion aspect is 3,52 mean “good”, appearance aspect 3,48 mean “good”. The average of all score aspect are 3,56 so we get conclusion that handout which developed is proper used in the teach, also can increasing student study result (0,57).
Key words: handout, guided problem solving, optics equipment
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v5i7.3056
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pend. Fisika - S1
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |