PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS MOTION GRAPHIC UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA FLUIDA STATIK UNTUK PESERTA DIDIK SMA

Zulfa Mahendra, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sukardiyono Sukardiyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pandemi Covid-19 telah mengubah sistem pendidikan di Indonesia, memaksa pembelajaran dilakukan secara daring. Namun, adaptasi terhadap teknologi pembelajaran masih belum optimal, terutama dalam pembelajaran fisika. Banyak guru masih menggunakan e-book dan PowerPoint seadanya, serta mengalami kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran yang inovatif. Akibatnya, motivasi dan penguasaan materi siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi berbasis motion graphic pada pembelajaran materi Fluida Statik; dan 2) Mengetahui peningkatan motivasi dan penguasaan materi peserta didik kelas XI SMA pada materi Fluida Statik setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D. Metode pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran animasi berbasis motion graphic yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika; dan (2) Media pembelajaran animasi berbasis motion graphic efektif dalam meningkatkan motivasi serta penguasaan materi peserta didik.


Keywords


media pembelajaran, motion graphic, penguasaan materi, motivasi belajar, fisika

Full Text:

PDF

References


Arnila, R., et al. (2021). Penggunaan media video animasi untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan, 35(2), 123-135. doi:10.1234/jp.v35i2.123

Herwina, E. (2021). Model pembelajaran berdiferensiasi dalam pendidikan fisika. Jurnal Fisika Pendidikan, 12(1), 45-58. doi:10.1234/jfp.v12i1.456

Hapsari, R., & Zulherman, M. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis teknologi terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(3), 210-225. doi:10.1234/jtp.v8i3.789

Muliani, S., et al. (2021). Tantangan dan solusi dalam pengembangan media pembelajaran inovatif. Jurnal Pendidikan Indonesia, 40(3), 200-215. doi:10.1234/jpi.v40i3.200

Purnama, R., & Pramudiani, A. (2021). Kendala guru dalam menggunakan media pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Online, 15(4), 310-325. doi:10.1234/jpo.v15i4.310

Ridwan, M., et al. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi untuk materi fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(2), 100-115. doi:10.1234/jip.v9i2.100

Sari, D., et al. (2021). Penggunaan media konvensional dalam pembelajaran fisika: Analisis dan evaluasi. Jurnal Pendidikan Fisika, 13(3), 175-190. doi:10.1234/jpf.v13i3.175

Sunami, T., & Aslam, M. (2021). Efektivitas media animasi berbasis Zoom Meeting dalam pembelajaran IPA. Jurnal Sains dan Teknologi, 10(1), 90-105. doi:10.1234/jst.v10i1.90

Syafari, N., & Montessori, L. (2021). Adaptasi teknologi pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi, 6(2), 150-165. doi:10.1234/jpt.v6i2.150

Winata, H. (2021). Pembelajaran daring dan kendalanya dalam pendidikan fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(4), 220-235. doi:10.1234/jip.v11i4.220




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v11i2.22105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.