PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU PHET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK

Muhammad Nur Irsyad Maulana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Riki Perdana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning berbantu PhET yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar peserta didik SMA. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning berbantu PhET, dan (2) mengetahui kelayakan LKPD berbasis Problem Based Learning berbantu PhET yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D. Model 4d terdiri dari 4 tahap yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian ini menunjukan bahwan kelayakan perangkat pembelajaran fisika berupa LKPD berbasis Problem Based Learning berbantu PhET berhasil dikembangkan. Hasil uji validitas pada perangkat ini mendapat kriteria sangat baik dalam aspek kelayakan isi, penyajian, grafik dan sumber, dan bahasa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran fisika berupa LKPD berbasis Problem Based Learning berbantu PhET berhasil dikembangkan dan layak untuk digunakan.


Keywords


perangkat pembelajaran; LKPD; Problem Based Learning; PhET; kelayakan

Full Text:

PDF

References


Benyamin, B., Qohar, Abd., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574

Dimyati, Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Fithriani, S., Halim, A., & Khaldun, I. (2016). Penggunaan media simulasi PhET dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan kalor di SMANegeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 45–52.

Hairunisa, I. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Tesis. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Hariyanto, A. (2017). Pengaruh discovery learning berbantuan paket program simulasi PhET terhadap prestasi belajar fisika. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 365–378. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.321

Nofiarti, T. (2021). Analisis Keterampilan Abad 21 Menggunakan Instrumen Tes Literasi Sains Pada Materi Asam Basa. Bedelau: Journal of Education and Learning, 2(1), 8–12.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan.

Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. In Conference Series Journal (Vol. 01).

Rohmah, H. N., Suherman, A., & Utami, I. S. (2021). Penerapan Problem Based Learning Berbasis Stem pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 117–123. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.7900

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v11i2.21891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.