PENGEMBANGAN E-LKPD FISIKA MODEL DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL BATIK TULIS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Sumarna Sumarna, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan e-LKPD Fisika Model Discovery Learning (DL) terintegrasi kearifan lokal Batik Tulis untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik SMA; (2) mengetahui keefektifan e-LKPD Fisika Model Discovery Learning (DL) terintegrasi kearifan lokal Batik Tulis untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik SMA. Desain penelitian ini adalah (R&D) dengan model 4D. Produk yang dikembangkan adalah e-LKPD Fisika Model Discovery Learning terintegrasi kearifan lokal Batik Tulis untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI yang berlokasi di Bantul yang sudah menggunakan Kurikulum. Instrumen penelitian meliputi e-LKPD yang dikembangkan, lembar validasi dan kelayakan, angket kemandirian belajar, soal pretest-posttest, dan angket respon peserta didik. Analisis data menggunakan SBi, Aiken’s V, Percentage of Agreement (PA), QUEST, Uji T, Uji Manova, dan Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-LKPD Fisika model Discovery Learning terintegrasi kearifan lokal Batik Tulis layak digunakan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar kognitif peserta didik SMA; (2) e-LKPD Fisika model Discovery Learning terintegrasi kearifan lokal Batik Tulis efektif digunakan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar kognitif peserta didik.
Keywords
References
Arifin, M. (2022). Pengembangan E-LKPD Interaktif Liveworksheets Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Minyak Bumi . FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Celikler, D., & Aksan, Z. (2012). The Effect of the Use of Worksheets About Aqueous Solution Reactions on Pre-service Elementary Science Teachers’ Academic Success. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 4611–4614. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.306.
Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Live Worksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra: Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4526.
Haetami, A., Astuti, N. S., & Maysara. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Asam Basa Di Sma Negeri 1 Siompu Barat. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 64–70. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.205.
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/PIP.342.9.
Ihwono, R., Mariono, A., & Dewi, U. (2023). Multimedia web learning berbasis model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMA. Education and Development, 11(2), 413–419.
Istiyono, E. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern. UNY Press.
Koswara, A., & Mundilarto, M. (2018). Pengembangan handout fluida dinamik terintegrasi metakognisi untuk meningkatkan kemampuan aplikasi siswa SMA dan MA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 11–25.
Laumarang, S. N., Odja. A. H., & Supartin. S. (2023). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pemanasan Global. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 315–326.
Marsila, W., Connie, C., & Swistoro, E. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.1-8.
Mulyono, A. R. P., Rufaidah, D., Salsabila, A., Ichsanti, A. T., Masitoh, B. L., & Nusarini, N. (2023). Pelatihan Batik Tulis di Celeban Tahunan Umbulharjo Yogyakarta. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(12), 1504–1510. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i12.1980.
Prastowo, A. (2011). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Ar-Ruzz Media.
Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515.
Rashydny, N. A., & Diyana, T. N. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Peserta Didik Sma. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 87–93.
Sanita, N., Elisa, E., & Susanna, S. (2021). Hubungan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMAN 1 Syamtalira Bayu. Jurnal Serambi Akademica, 9(6), 857–864.
Saputra, A. T., Wilujeng, I., Sobiatin, E., Aji, S. H., & Tuada, R. N. (2020). Implementation of physics mobile learning media to improve student physics perseverance. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012035.
Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya.
Yusrizal, M. P. (2016). Pengukuran & Evaluasi Hasil dan Proses Belajar. Pale Media Prima.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i1.21786
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
![]() | Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |