PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR

Sindy Chintyawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Sumarna Sumarna, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan peserta didik mengenai minat belajar dan hasil belajar kognitif yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model Team Games Tournament (TGT) yang layak untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik, (2) mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan minat belajar peserta didik yang menggunakan perangkat pembelajaran model Team Games Tournament (TGT), (3) mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan perangkat pembelajaran model Team Games Tournament (TGT).  Penelitian ini menggunakan model 4D menurut Thiagarajan yang memiliki 4 tahap: define, design, develop, dan disseminate. Jenis data pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa: (1) perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) layak digunakan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik dengan perolehan nilai modul ajar dan LKPD sebesar 3,6 dengan kategori sangat baik., (2) perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) ada peningkatan minat belajar peserta didik dengan nilai standar gain 0,3 dengan kategori sedang., (3) perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) ada peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai standar gain 0,57 dengan kategori sedang.

Keywords


perangkat pembelajaran; team games tournament; hasil belajar kognitif; minat belajar; model 4D

Full Text:

PDF

References


Aini, Q., Lesmono, A. D., & Wahyuni, S. (2018). hasil belajar, minat dan kreativitas siswa sma pada pembelajaran fisika menggunakan model project based learning dengan memanfaatkan bahan bekas. jurnal pembelajaran fisika, 7(1), 1. Diakses pada 12 Februari 2024, dari https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7218

Amaliyah, R., & Hakim, L. (2023). pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas x di sma. 6(1).

Fakultas Sains, Teknik dan Terapan, Universitas Pendidikan Mandalika Mataram, & Hidayatulloh, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Fisika Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Dalam Penyelesaian Soal – Soal Fisika. Kappa Journal, 4(1), 69–75. https://doi.org/10.29408/kpj.v4i1.1636

Halimah, A., Jafar, A. F., Ramadhani, D. F., & Jusriana, A. (2022). penerapan model cooperatif learning type team gamestournament (tgt) berbantuan media fisika explotion box terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas xi sman 1 jeneponto.

Liza, S. (2021). upaya peningkatan minat dan hasil belajar fisika siswa kelas xii.ipa.3 sman 3 muaro jambi melalui media pembelajaran animasi 3 dimensi tahun pelajaran 2018/2019. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 1(2), 170–176. https://doi.org/10.51878/science.v1i2.522

Ngao, M. M., Mukin, M. U. J., Maing, C. M. M., Begu, P. O., Yohanes, T., & Dewa, E. (2020). pengaruh minat terhadap hasil belajar menggunakan model team games tournament pada materi fisika sma.

Rina Dwi Muliani, R. D. M., & Arusman, A. (2022). Faktor—Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684

Rofiqah, T., & Sunaini, S. (2017). hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar pada siswa kelas x sma integral hidayatulah batam. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1122

Sundari, T. (2017). pengaruh model kooperatif tipe team game tournament (tgt) dengan media ular tangga fisika terhadap minat, motivasi dan hasil belajar siswa smpn 10 kota bengkulu. 1(1).

Yuhasnil, Y. (2020). Manajemen Kurikulum dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal Of Administration and Educational Management (alignment), 3(2), 214–221. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1580




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i2.21785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:

 

Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.