WEB-BASED INTERACTIVE LEARNING MEDIA DEVELOPMENT USING P5.JS ON LIGHT AND OPTICAL DEVICE MODULE FOR HIGH SCHOOL COMPETENCY
Julian Evan Chrisnanto, Padjadjaran University, Indonesia
Budi Adiperdana, Padjadjaran University, Indonesia
Muhammad Galih Prawiradilaga, Padjadjaran University, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alam, Y., Nonggala Putra, F. & Sholichin, R. (2021), ‘Pengaruh Simulasi PhET (Physic Education and Tecnology) Terhadap Kualitas dan Hasil Belajar’, Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 6(1), 225. doi: 10.28926/briliant.v6i1.599.
Anggereni, S., Suhardiman, S. & Amaliah, R. (2021), ‘Analisis Ketersediaan Peralatan, Bahan Ajar, Administrasi Laboratorium, Keterlaksanaan Kegiatan Praktikum di Laboratorium Fisika’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 5(3), 414
Arifa, F. N. & Prayitno, U. S. (2019), ‘Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia’, Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial 10(1), 1–17. doi: 10.46807/aspirasi.v10i1.1229.
Hartini, N. M. S. A., Rozzaqyah, F., Agustiningrum, M. D. B., Patri, S. F. D., Ratnasari, N. & Purbowati, D. (2022), Metode dan Teknik Pembelajaran, Galiono Digdaya Kawthar, Jakarta.
Hummaera, A. B. & Bakry, A. (2023), ‘Efektivitas Penggunaan Spada Dikti dalam Mendukung Proses Pembelajaran Daring Pertukaran Mahasiswa Merdeka’, Inf. Technol. Educ. J., vol. 2, no. 1, pp. 1–4, 2023, doi: 10.59562/intec.v2i1.257. doi: 10.59562/intec.v2i1.257.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P. & Azhar Ma’shum, M. (2021), ‘Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan’, Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan 18(2), 91–100. doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.
Masita, S. I., Donuata, P. B., Ete, A. A. & Rusdin, M. E. (2020), ‘Penggunaan Phet Simulation Dalam Meningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik’, Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika 5(2), 136. doi: 10.36709/jipfi.v5i2.12900.
Murtiani, Hasanah, H., Darvina, Y. & Yulkifli (2019), ‘Development of interactive teaching materials with scientific approach contains character values in learning matter about sounds wave, light wave, and optical devices in senior high school class XI’, Journal of Physics: Conference Series 1317(1), 012164. doi: 10.1088/1742-6596/1317/1/012164.
Ningrum, T. A., Nurmina, N., Hayati, N. & Wildana, F. (2023), ‘Peningkatan Kompetensi Pedagogi Guru dalam Mengelola Pembelajaran Menyenangkan Berbasis Digital melalui Pelatihan’, Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 23(2), 182–189.
Nurrita, T. (2018), ‘Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3(1), 171. doi: 10.1088/1742-6596/1321/2/022099.
Penjor, T., Utha, K. & Seden, K. (2022), ‘Effectiveness of Simulation in Teaching Geometrical Optics’, International Journal of English Literature and Social Sciences 7(5), 088–094. doi: 10.22161/ijels.75.16.
Pourhosein Gilakjani, A. (2011), ‘Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Styles and Their Impacts on English Language Teaching’, Journal of Studies in Education 2(1), 104
Prakasiwi, L. R., Warsono, Gusemanto, T. G. & Herawati (2021), Development of Adobe Animate Assisted Physics Learning Media as Online Learning Aid:, Yogyakarta, Indonesia. doi: 10.2991/assehr.k.210326.083.
Rochim, F. N., Munawaroh, F. & Wulandari, A. Y. R. (n.d.), ‘Identifikasi Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Cahaya Menggunakan Metode Four Tier Test dengan Certainty of Response Index (CRI)’, 2(2). doi: 10.21107/nser.v2i2.6241.
Suradnya, L. S. A., Suyanto, E. & Suana, W. (2017), ‘Modul Interaktif dengan Program LCDS untuk Materi Cahaya da Alat Optik’.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v11i2.21129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |