PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS PBL BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Anita Rasyid,
Yusman Wiyatmo,

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan E-Modul Fisika yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar; (2) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar setelah menggunakan E-Modul Fisika; (3) mengetahui kepraktisan media E-Modul Fisika dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar; (4) mengetahui keefektifan E-Modul Fisika dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar. Desain penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model 4D (Define, Design, Development dan Disseminate). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI yang berlokasi di Sleman. Teknik pengumpulan data meliputi tes berupa pretest dan posttest, non tes, warwancara serta observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik simpangan baku ideal (SBi), Aiken’s V, Quest, Standard Gain, Manova, Effect Size, dan IJA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media E-Modul Fisika layak digunakan dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar; (2) media E-Modul Fisika meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan nilai N-Gain sebesar 0,73 pada kategori tinggi dan kemandirian belajar dengan nilai N-Gain sebesar 0,68 pada kategori sedang (3) media E-Modul Fisika praktis digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar, dan (4) media E-Modul Fisika efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar.

 

Kata Kunci: e-modul fisika, problem based learning, fluida statis, keterampilan berpikir kritis, kemandirian belajar


Full Text:

PDF

References


Adindra, S. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Fisika dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Ardeniyansah, & Rosnawati, R. (2018). Implementation of Problem-Based Learning in terms of Student Mathematical Creative Thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012111

Asrori, A. (2019). Analisis Kebutuhan E-Lkpd Sesuai Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding Sendika, 5(1), 18.

Ayuningrum, D., Mulyani, S., & Susilowati, E. (2015). Unnes Journal of Biology Education PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI PROTISTA Info Artikel. Unnes Journal of Biology Education, 4(2), 50229. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe

Dhimas Arsyad Arrajiv, Miftahul Arifah B. B, Tyas Wahyuningsih, K. & L. E. R. (2021). Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau Dari Implementasi Literasi Digital Siswa Sma Negeri 2 Sukoharjo. Buletin Literasi Budaya Sekolah, UMS, 55–64. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i1.14278

Efendi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Aplikasi Flip PDF Profesional untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Ranah Kognitif Peserta Didik SMA pada Mata Pelajaran Fisika. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Fatimah, N., Gunawan, G., & Wahyudi, W. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Kelas XI SMKN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 183–190. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.423

Hamdalia Herzon, H., Budijanto, & Hari Utomo, D. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, 3(1), 42–46. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Hapsari, N. (2016). Pengembangan e-modul pengayaan materi pertumbuhan dan perkembangan untuk meningkatkan kemandirian hasil belajar. Jurnal Pendidikan BIologi, 5(5), 23–31.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Iskandar, I., & Maeshalina, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Metode Discovery Learning, Inquiry, dan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 8(1), 55–68. https://doi.org/10.17509/jpak.v8i1.20627

Islamiah, A. F., Rahayu, S., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMAN 1 Lingsar Tahun Ajaran 2016/2017. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 6(1), 29. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v6i1.933

Lapuz, E., Mercy, A., & Fulgencio, M. N. (2020). Improving the Critical Thinking Skills of Secondary School Students using Problem-Based Learning. International Journal of Academic Multidisciplinary Research, 4(1), 1–7. www.ijeais.org/ijamr

Linda*, R., Zulfarina, Z., Mas’ud, M., & Putra, T. P. (2021). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 191–200. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19012

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24

Mustaqiim, T. I., Rahayu, A., Safitri, M., & Pratiwi, N. E. (2017). Analisis Kemandirian Belajar Fisika Siswa di SMAN 10 Kota Jambi. Gravity, 3(1), 80–89. http://150.107.142.250/index.php/Gravity/article/view/2414

Najamuddin, F., Wahrini, R., & Arwadi, F. (2021). Pengembangan Elektronik Modul (E-Modul) Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Program Studi Pendidikan Vokasional Mekatronika FT-UNM. Seminar Nasional LP2M UNM, 100–108.

Palumpun, N. S., Wilujeng, I., Suryadarma, I. G. P., Suyanta, S., & Syaukani, M. H. (2022). Identifikasi Kemandirian Belajar Peserta Didik Menggunakan E-Modul Berbantuan Liveworksheet Terintegrasi Potensi Lokal Toraja. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 558–565. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1245

Pertiwi, F. A., H.L, R., & M. Arifin. (2023). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 2, 924–932.

Purba, E. P. U., Karnasih, I., Ariswoyo, S., Muslim, U., Al, N., & Utara, S. (2020). dalam kemampuan penalaran matematika dan kemandirian belajar siswa sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan sebagai berikut :. 1.Mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran. 3(2), 88–96.

Rahmayani, D. (2013). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Kominikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(Vol 3 No 1), 13–23. https://doi.org/10.23969/pjme.v3i1.2486

Rohmah, Lailati. 2023. PENGEMBANGAN E-MODUL PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS & LITERASI DIGITAL MAHASISWA PGMI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F. (2021). Analisis Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Fisika; Studi Literatur. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 38. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6373

Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35–46.

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11–16. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453

Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 21(2000), 223–231.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Tawakal, Aisyatunnisai. 2022. PENGEMBANGAN MODUL PBL GERAK LURUS TERINTEGRASI YOUTUBE DAN PHET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MENYELESAIKAN MASALAH PESERTA DIDIK SMA. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Thiagarajan, S; Semmel, D.S; & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Chhildren: A Sourcebook. Indiana: Indiana University

Zunanda, M., & Sinulingga, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 63. https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2570




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v11i1.20787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.