PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI HEURISTIK VEE BERBANTUAN PHET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA

Salma Yulinda Prastiwi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Sukardiyono Sukardiyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan : (1) Menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berorientasi Heuristik Vee berbantuan PhET yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar fisika peserta didik; (2) Mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik setelah melalui proses pembelajaran menggunakan strategi belajar Heuristik Vee. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D. Produk yang dikembangkan berupa LKPD berorientasi heurisik vee berbantuan PhET. Pengumpulan kelayakan dilakukan dengan angket validasi oleh validator ahli dosen Pendidikan Fisika dan validator praktisi guru fisika. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pakem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Telah dihasilkan LKPD berorientasi Heuristik Vee berbantuan PhET yang baik dan layak untuk digunakan. (2) LKPD berorientasi Heuristik Vee berbantuan PhET meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan jumlah nilai sumbangan efektif sebesar 80,9% dan sebesar 83,6% terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik yang keduannya termasuk kedalam kategori besar.


Keywords


lkpd, heuristik vee, phet, hasil belajar, motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Aeda, K. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Harefa, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 83-99.

Imam, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Berbantu Lkpd Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Irmalia, A. M., Hairida, H., & Muharini, R. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 7(2), 190-197.

Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304-1309.

Khairunnisak, K. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Ssiswa Melalui Simulasi Physic Education Technology (PhET). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2), 7–12. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.109

Mardani, Atmadja, Suastika. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia.

Mardapi, D. (2018). Development of Physics Lab Assessment Instrument for Senior High School Level. International Journal of Instruction, 11(4), 17-28.

Nofiyanti, A., & Tatsar, M. Z. (2023). Penerapan Model Pembelajaran (LAPS)–Heuristic Berbantuan Worksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA Negeri 3 Pasuruan. Athena: Journal of Social, Culture and Society, 1(1), 1-5.

Palupi, R. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2)

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1),10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103

Yunas, T. B., & Rachmawati, M. A. (2018). Kemampuan mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Fisika Pada Siswa Di Yogyakarta (online). PSYCHOPOLYTAN (Jurnal Psikologi), 1(2)




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i1.20650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:

 

Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.