PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GERAK PARABOLA BERBANTUAN SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Syahid Ahmad Nashih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Riki Perdana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Media pembelajaran adalah segala benda atau perangkat yang digunakan oleh guru dalam proses belajar-mengajar untuk memudahkan guru dan siswa mencapai tujuan pembelajaran. Penting bagi guru untuk dapat menggunakan media pembelajaran yang sudah teruji kelayakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran fisika berbantuan Scratch pada materi gerak parabola, dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika berbantuan Scratch pada materi gerak parabola yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan metode pengembangan 4D. Penelitian Research and Development dengan metode pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbantuan Scratch pada materi gerak parabola berhasil dikembangkan dan didapatkan hasil uji validitas berupa kriteria sangat valid pada seluruh aspek yang diujikan yaitu aspek tampilan, aspek isi, dan aspek bahasa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran fisika berbantuan Scratch pada materi gerak parabola sudah berhasil dikembangkan dan layak untuk digunakan.


Keywords


media pembelajaran; fisika; scratch; gerak parabola; kelayakan

Full Text:

PDF

References


Artawan, P. (2014). Fisika Dasar. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Astuti, I. A., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 57.

Dasmono, Lestari, A. P., & Alamsyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Ispring Suite 9. Prosiding Seminar Nasional Sains, 99-102.

Hanisah, Y. I., & Yulinda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Ispring Suite 10 pada Materi Reproduksi Tumbuhan untuk Mengukur Hasil Belajar. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6-16.

Isnaini, M., Utami, L. S., Zulkarnain, Anwar, K., Islahudin, & Sabaryati, J. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Scratch Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Siswa "Z Generation" Untuk Guru-Guru SDN 1 Labuapi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 871-875.

Kemdikbud, P. P. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Jakarta Pusat: Pusat Penelitian Pendidikan.

Martanti, A. P., Hardyanto, W., & Sopyan, A. (2013). Pengembangan Media Animasi Dua Dimensi Berbasis Java Scratch Materi Teori Kinetik Gas Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 19-25.

Nugraha, M. I. (2015). Efektivitas Media Interaktif Berbasis Scratch Pada Pembelajaran Biologi Materi Sel di SMA Teuku Umar Semarang. Skripsi, UNNES.

Rajaguguk, J., & Sarumaha, C. (2017). Pemodelan dan Analisis Gerak Parabola Dua Dimensi Dengan Menggunakan Aplikasi Gui Mathlab. Jurnal Saintika, 63-68.

Sasahan, E. Y., Oktova, R., & Oktavia, O. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif tentang Optika Berbasis Android Mengguakan Perangkat Lunak Ispring Suite 7.0 untuk Mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika pada Pokok Bahasan Interferensi Cahaya. Prosiding SNFA, 52-61.

Supardi, Leonard, H. S., & Rismurdiyati. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 71-81.

Tamara, T., Sahala, S., & Arsid, S. B. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Gerak Parabola Di SMA Taruna Bumi Khaatulistiwa. Jurnal Untan, 1-11.

Tani, S., & Ekawati, E. Y. (2017). Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Suite 8. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 13-16.

Thiagarajan, S., Semmel, M. I., & Semmel, D. S. (1974). Intructional Develompent For Training Teachers Of Exceptional Children. Bloomington, Indiana: Center for Innovation in Teaching the Handicapped.

Wahyunuhari, F. (2013). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Tepus Kabutaten Gunungkidul. Skripsi, UNY.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v11i1.20575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.