PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

Chentaca Desdemona Zagita, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sukardiyono Sukardiyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay two stray pada pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik SMA pada materi fluida dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Penelitian dilakukan di SMA Swasta Sultan Iskandar Muda pada materi fluida dinamis. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Swasta Sultan Iskandar Muda tahun ajaran 2022/2023. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji ANOVA untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran two stay two stray pada kelas eksperimen meningkatkan aspek menafsirkan sebesar 5%; memberikan contoh 2,5%; mengkategorikan 2,5%; menyimpulkan 4,12%; menduga 10%; membandingkan 5%; dan menjelaskan 17,5% lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. 2) Model pembelajaran two stay two stray meningkatkan minat belajar peserta didik dalam kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,56.

 

Kata Kunci: model pembelajaran two stay two stray; pemahaman konsep; minat belajar; fluida dinamis

 

Abstract. This research aims to determine the effect of the two stay two stray learning model on high school students' conceptual understanding and learning interest in dynamic fluid material. This research is a quasi-experimental research with a pretest-posttest control group design. Research was conducted at Sultan Iskandar Muda Private High School on fluid dynamic materials. The sampling technique used is random sampling. The research subjects were class XI students at Sultan Iskandar Muda Private High School for the 2022/2023 academic year. Data analysis in this study used the ANOVA test to test the research hypothesis. The research results show that: 1) The two stay two stray learning model in the experimental class increases the interpreting aspect by 5%; give an example of 2.5%; categorize 2.5%; concluded 4.12%; suspect 10%; compare 5%; and explained 17.5% higher than the control class. 2) The two stay two stray learning model increases students' learning interest in the medium category with an N-Gain value of 0.56.

 

Keywords: two stay two stray learning model; concept understanding; interest in learning; dynamic fluid


Full Text:

PDF

References


Barto, Tandean, A. J., & Arafah, K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X IPA Sman 4 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) Jilid 15, Nomor 2. Agustus 2019, 59-62.

Desmiwati, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantu Lembar Kerja SIswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 16 Bandar Lampung. Lampung: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan.

Husna, S. M., Kurniawan, D. A., & Maison. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran FIsika di MAN 1 Merangin. Seminar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (pp. 1-9). Jambi: Jambi University.

Jayanti, Dewi, D., & Khotimah, R. P. (2013). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) (PTK pada Siswa Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Subah Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2012/2013). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pani, H. P. (2019). Penerapan Model Collaborative MURDER (Mood, Understand, Recall, digest, Expand and Review) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik (Studi Kuasi Eskperimen Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019). Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v11i2.20346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.