PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERACTIVE PHYSICS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PESERTA DIDIK SMA
Yusman Wiyatmo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran software interactive physics yang layak untuk meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi, 2) mengetahui kategori peningkatan minat belajar dan penguasaan materi peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran software interactive physics, dan 3) mengetahui keefektifan media pembelajaran software interactive physics pada materi Gerak Harmonik Sederhana dalam meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi peserta didik kelas X SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas X SMA Negeri yang berlokasi di Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Simpangan Baku Ideal (), indeks Aiken V, Percentage of Agreement (PA), normalized gain, Interjudge Agreement (IJA), program QUEST, serta uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran software interactive physics layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi Gerak Harmonik Sederhana dengan rata-rata penilaian sebesar 4,92 dalam kategori sangat baik, 2) media yang dikembangkan mampu meningkatkan minat belajar dan penguasaan peserta didik yang ditunjukkan melalui skor normalized gain berturut-turut sebesar 0,57 dan 0,59 dengan kategori sedang, dan 3) media pembelajaran software interactive physics efektif digunakan pada materi pokok Gerak Harmonik Sederhana.
Kata Kunci: gerak harmonik sederhana, media pembelajaran, minat belajar, penguasaan materi, dan software interactive physics.
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh dari https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf pada 22 Januari 2023
Ergin, İ. (2017). THE EFFECT OF INTERACTIVE COMPUTER SOFTWARE AND VISUAL MATERIALS ON ACADEMIC SUCCESS IN PHYSICS. European Journal of Education Studies. doi: 10.46827/ejes.v0i0.443.
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11. doi: 10.26737/jpmi.v4i1.870.
Hardianti, T. (2018, May). Analisis kemampuan peserta didik pada ranah kognitif dalam pembelajaran fisika SMA. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 557-561)
Husna, S. M., & Kurniawan, D. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di MAN 1 Merangin. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (Vol. 1, No. 1, pp. 1-7)
Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 31. doi: 10.47313/pujangga.v1i2.320.
Purwito, A., Huriawati, F., & Purwandari, P. (2020, January). Profil kemampuan penguasaan konsep siswa kelas X SMK Cendekia Madiun. In SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika)
Putri, R., & Jumadi, J. (2017). Kemampuan guru fisika dalam menerapkan model-model pembelajaran pada Kurikulum 2013 serta kendala-kendala yang dihadapi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 201-211. doi: 10.21831/jipi.v3i2.8636.
Riskawati, ., Nurazmi, ., & Marisda, D. H. (2022). High School Students’ Interest in Choosing Physics as a Major in College. KnE Social Sciences, 7(12), 356–366. doi: 10.18502/kss.v7i12.11540
Sukarjo. (2006). Kumpulan materi evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Jurusan Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Thiagarajan, S; Semmel, D.S; & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Chhildren: A Sourcebook. Indiana: Indiana University
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v10i1.19854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |