PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LETTERING ART TOPIK SUHU DAN KALOR
Suparwoto Suparwoto, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian yang bertujuan untuk: (1) menghasilkan media yang layak untuk meningkatkan hasil belajar ditinjau dari kemampuan awal dan kreativitas peserta didik, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik, (3) mendiskripsikan hubungan kemampuan awal dan kreativitas dengan hasil belajar peserta didik, (4) mengungkapkan besarnya sumbangan kemampuan awal dan kreativitas memberikan sumbangan terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development (R&D) model 4-D dari Thiagarajan Semmel-Semmel (1974) yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) tahap pendefinisian dengan mendeskripsikan peserta didik dan produk media (2) tahap perancangan, dengan merancang media dan rancangan implementasi dan pelaksanaan pembelajaran (3) tahap pengembangan, melalui validasi produk pengembangan oleh guru dan ahli/pembimbing serta mengimplementasikan pembelajaran dengan model PTK satu siklus dan (4) tahap penyebaran dilakukan dengan menyerahkan produk ke sekolah. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri yang berlokasi di Kalasan Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Telah dihasilkan produk media pembelajaran berbasis letering art dengan materi suhu dan kalor yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika, (2) Pembelajaran dengan menggunakan produk media pembelajaran berbasis letering art dengan materi suhu dan kalor dapat meningkatkan penguasaan materi peserta didik dengan nilai Normalized Gain sebesar 0,62 yang termasuk dalam kategori “sedang”, (3) Terdapat hubungan antara kemampuan awal dan kreativitas dengan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan indeks regresi sebesar 64%. (4). Sumbangan kemampuan awal dan kreativitas terhadap hasil belajar peserta didik sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 41,0%, sumbangan efektif dan relative kemampuan awal dan kreatifitas terhadap hasil belajar secara sendiri-sendiri secara berturut-turut 11% dan 30% serta 27% dan 73%.
kata kunci: lettering art; kemampuan awal; kreativitas; hasil belajar; suhu dan kalor.
Full Text:
PDFReferences
Abbey, Sy. (2016). The ABC of Hand Lettering. Edisi Bahasa Indonesia. Jawa Barat: PT Huda Parhapuran
Arikunto, Suharsimi dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fajar R A. (2014). Perilaku Vandalisme Pada Remaja di Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). di akses pada 20 Oktober. 2022. https://kbbi.web.id/vandalisme
Permendikbud RI 2016 No 21-22. Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. [ Basic and Secondary Education Content Standards]
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pendagogia
Surianto, Rustan. (2011). Font & Tipografi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v10i1.19790
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |