EFEKTIVITAS KOMBINASI MEDIA PEMBELAJARAN PhET DAN POWERPOINT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA

Nadia Yusfahani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Jumadi Jumadi, Universitas Negeri Yogyakarta,Indonesia, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui peningkatan minat belajar dan hasil belajar aspek kognitif peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tanjungpandan terhadap penerapan kombinasi media pembelajaran yang menggunakan media Virtual Laboratory berbantuan PhET interactive simulation project dan Power Point.  (2) mengetahui besarnya effect size media tersebut terhadap peningkatan minat belajar  dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tanjungpandan. (3) mengetahui respons peserta didik terhadap media tersebut .

Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu menggunakan desain penelitian yg digunakan yaitu Randomized Pretest-Posttest Control group Desaign. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas XI semester 2 Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Tanjungpandan Tahun Pelajaran 2022/2023 terdiri asal empat kelas. Sampel di penelitian ini dipengaruhi menggunakan cara teknik cluster (random) sampling. sehingga diperoleh kelas XI MIPA tiga menjadi kelas ekperimen serta kelas XI MIPA 4 menjadi kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket minat (angket awal serta angket akhir), angket respon siswa serta tes (pretest dan postest). Teknik validasi instrumen memakai program ITEMAN dan teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji Normalitas serta Homogenitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji Manova

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kombinasi media pembelajaran berbasis Virtual Laboratory berbantuan PhET dan Power Point dapat meningkatan minat belajar dan hasil belajar aspek kognitif peserta didik SMA. (2) Untuk analisis effect size pada minat belajar nilai Cohen’s d sebesar 1 sedangkan untuk analisis effect size pada hasil belajar nilai Cohen’s d Effect Size sebesar 0,8. Dari hasil analisis Cohen’s d Effect Size terhadap minat belajar dan hasil belajar, maka tinggi sumbangan efektif (effect size) pada media pembelajaran simulasi menggunakan kombinasi media Virtual Laboratory berbantuan PhET dan Power Point efektif untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar aspek kognitif peserta didik SMA. (3) dilihat dari skor rata-rata pada angket respon siswa yang didapatkan yaitu sebesar 64,12. Sehingga penggunaan kombinasi media Virtual Lab berbantuan Virtual Laboratory PhET dan Power point memberikan respon positif dapat diterima baik oleh peserta didik

Kata Kunci: Virtual Laboratory berbantuan PhET interactive simulation project; PowerPoint, Minat Belajar; Hasil Belajar Aspek Kognitif; Respon Peserta Didik.


Full Text:

PDF

References


Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Purwanto, W., W, E. T., & Hariyono. (2016). PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1700-1705.

So, H.-J., & Kim, B. (2009). Learning About Problem Based Learning: Student Teachers Integrating Technology, Pedagogy, and Content Knowledge. Australasian Journal Of Educational Technology.

Tirtiana, C. P. (2013). PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR, PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X AKT SMK NEGERI 2 BLORA TAHUN AJARAN 2012/2013 (MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENIN. Economic Education Analysis Journal.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i1.19497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:

 

Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.