PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA INTERAKTIF BERBASIS SMART APPS CREATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Fepriyani Murtianingsih, Universitas Negeri Yogyakarta
Juli Astono, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran fisika interaktif berbasis Smart Apps Creator yang layak digunakan untuk pembelajaran, mengetahui besar peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan mengetahui kategori peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran fisika interaktif berbasis Smart Apps Creator.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D yang meliputi 4 tahap, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, angket respon peserta didik, angket motivasi belajar, serta soal pretest-postest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Standar Baku Ideal, V Aiken, SPSS, dan standar gain untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika interaktif berbasis Smart Apps Creator berupa aplikasi pembelajaran usaha dan energi layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik, peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik berada dalam kategori tinggi dengan nilai gain sebesar 0,705, serta peningkatan motivasi belajar peserta didik berada dalam kategori tinggi dengan nilai gain sebesar 0,71.

Kata Kunci: media pembelajaran; aplikasi pembelajaran; kemampuan berpikir kritis; dan motivasi belajar


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Astuti, Y et al (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, Vol. 7, No. 1, hal. 65 – 71

Azizah, A. R. (2020). Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk Mengajarkan Global Warming. Seminar Nasional Fisika (SNF). Surabaya: Universitas Negeri Yogyakarta

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Ennis, R. H. (1985). A logical basis for measuring critical thinking skills. Jurnal Educational leadership. Vol. 43, No. 2, hal. 44 – 48

Fajriani, D. & Hidayat, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator Berbasis Android Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Bisnis Daring dan Pemasaran. Prosiding Seminar Nasional KBK, Vol. 1, No 4

Istiyono, Edi. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika dengan Teori Tes Klasik dan Modern. Yogyakarta: UNY Press

Matsun, et al. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Vol 10, No 1

Putri, S. et al. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dalam Problem Based Learning. Junal Ilmiah Pendidikan Fisika Al Biruni, Vol 6. No 1.

Ratna, et al. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia, Vol. 01, No 02.

Riyan, Surya Lesmana. (2022). Thesis: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Pada Materi Sistem Reproduksi Untuk Membekali Hasil Belajar Siswa. UIN Sunan Djati Bandung. Bandung

Saavedra, A., & Offer, V. (2012). Teaching and Learning 21st Century Skills: Lessons from the Learning Sciences. A Global Cities Education Network Report. New York, Asia Society.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan & Melvyn. (1974). Intructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Minneapollis

Ulya, Nadiatul. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI di SDN Songgokerto 03 Kota Batu. Thesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Yolviansyah, Fauziah. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis dan Hubungannya dengan Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Gaya dan Medan. Thesis. Universitas Jambi.

Yuberti. et al. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Smart Apps Creator Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics and Science Education Journal, Vol. 1, No. 2




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v10i1.19341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.