PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS VISUAL DENGAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA MATERI HUKUM BOYLE DAN HUKUM GAY LUSSAC THE DEVELOPMENT OF VISUAL BASED STUDENT WORKSHEET WITH DEMONSTRATION TEACHING METHODS TO INCREASE SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’S READING INTEREST AND LEARNING OUTCOME FOR SUBJECT OF BOYLE’S LAW AND GAY LUSSAC’S LAW

PALUPI YULIYANI, , Indonesia
YUSMAN WIYATMO, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan LKPD berbasis visual yang layak diterapkan
untuk meningkatkan minat membaca dan hasil belajar peserta didik. (2) Mengetahui besar peningkatan
minat membaca dan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan LKPD berbasis visual. Metode yang
digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4-D. Perangkat pembelajaran yang
dihasilkan divalidasi oleh ahli kemudian diujicobakan. Analisis data dilakukan menggunakan kriteria
penilaian dengan skala 5, persentase peningkatan minat membaca, standard gain, analisis butir soal, dan
menghitung koefisien ICC menggunakan program SPSS ver 17.0. Penelitian dilakukan sampai tahap
disseminasi dengan skala terbatas yaitu memberikan perangkat kepada guru fisika di SMA N 1 Sewon.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Dihasilkan LKPD berbasis visual yang layak digunakan
dalam pembelajaran Hukum Boyle dan Hukum Gay Lussac. (2) Peserta didik yang mengalami
peningkatan minat membaca dengan kategori sangat baik sebanyak 22% (dari 0% pada uji coba terbatas
menjadi 22% pada uji coba luas), dan kategori baik sebanyak 2% (71% pada uji coba terbatas menjadi
73% pada uji coba luas). Peningkatan hasil belajar ditunjukkan nilai standard gain. Nilai standard gain
untuk kelas XI MIA 1 adalah 0,6 (sedang) dan 0,7 (tinggi) untuk kelas XI MIA 4.
Kata-kata kunci: LKPD berbasis visual, metode demonstrasi, minat membaca, hasil belajar peserta didik.
Abstract
This research aimed to: (1) Produce valid visual based student worksheet to increase reading interest and
learning outcome of student. (2) Know the improvement of reading interest and learning outcome of student after
using visual based student worksheet. The method of this research is research and development with 4-D models.
The developed learning materials is validated by professional before being tested. Data analysis is done by using
scoring criterian with five scale, percentage of reading interest improvement, standard gain, question’s item
analysis, and ICC coeficient are calculated by SPPS program version 17.0. This research has been done till
disseminate step by giving the learning materials to physics teacher in Senior High School I Sewon. The outcome
of this research are: (1) Visual based student worksheet is valid to be applied in Boyle’s law and Gay Lussac’s law
lesson. (2) 22% (from 0% in limited testing become 22% in extensive testing) of students have improvement in
reading interest with very good category and 2% with good category. The increase of learning outcome is showed
by the number of standard gain. The number of standard gain for class XI MIA 1 is 0,6 (medium), and for class XI
MIA 4 is 0,7 (high).
Keywords: visual based student worksheet, demonstration learning methods, reading interest, student’s learning
outcome.

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v5i6.1899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Fisika - S1



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.