PERBEDAAN MINAT DAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF ANTARA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN PEMBELAJARAN FISIKA TANPA MEDIA PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA THE DIFFERENTS INTEREST AND COGNITIVE ASPECTS OF LEARNING OUTCOMES BETWEEN PHYSICS LEARNING USING VIDEO MEDIA AND WITHOUT MEDIA ON STUDENT AT SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA

Azdan Ramadhan Dirgantara Putra, , Indonesia
Subroto Subroto,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui perbedaan hasil belajar aspek kognitif antara sebelum dan sesudah pembelajaran fisika menggunakan media video pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. (2) Mengetahui perbedaan minat belajar antara sebelum dan sesudah pembelajaran fisika menggunakan media video pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. (3) Mengetahui perbedaan peningkatan minat dan hasil belajar aspek kognitif antara pembelajaran fisika menggunakan media video dengan pembelajaran fisika tanpa media pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. (4) Mengetahui media yang baik untuk meningkatkan minat dan hasil belajar aspek kognitif pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X PMIIA di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 2 Yogyakarta kelas X PMIIA 7 sebagai kelas eksperimen dan X PMIIA 8 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan media video dan kelas kontrol tanpa media. Instrumen pretest digunakan untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik sedangkan instrumen posttest untuk mengetahui kemampuan akhir. Data yang sudah diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Mann-Whitney pada progam SPSS 16.0.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar aspek kognitif antara sebelum dan sesudah pembelajaran fisika menggunakan media video pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. (2) Tidak terdapat perbedaan minat belajar antara sebelum dan sesudah pembelajaran fisika menggunakan media video pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. (3) Terdapat perbedaan peningkatan minat dan hasil belajar aspek kognitif antara pembelajaran fisika menggunakan media video dengan pembelajaran fisika tanpa media pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta. (4) Penggunaan media video  merupakan media yang baik dan dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar aspek kognitif pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta.                                                                                                                

Kata-kata kunci:   minat belajar, hasil belajar aspek kognitif, metode konvensional, media video.

Abstract

This research purposes to: (1) Determine the different cognitive aspects of learning outcomes between before and after learning physics using video media on student at X class SMA Negeri 2 Yogyakarta. (2) Determine the different learning interests between before and after learning physics using video media on student at X class SMA Negeri 2 Yogyakarta. (3) Determine the increase different intertest and cognitive aspects of learning outcomes between learning physics using video media and without media on student at X class SMA Negeri 2 Yogyakarta. (4) Determine the best media for increasing intertest and cognitive aspects of learning outcomes on student at X class SMA Negeri 2 Yogyakarta. This research is experimental research using a quasi-experimental research design. The research population is all students of class X Mathematics and Science at SMAN 2 Yogyakarta. Samples of this research is the students of SMA 2 Yogyakartal class X Mathematics and Science 7 as an experimental class and X Mathematics and Science 8 as the control class. Class experiments using video media and class Control without media. Pretest instruments used to determine the initial ability of students while posttest instrument to determine final ability. Data obtained were analyzed using Mann-Whitney Test in SPSS 16.0.

The results of this research are: (1) There is different cognitive aspects of learning outcomes between before and after learning physics using video media on student at X class SMA Negeri 2 Yogyakarta. (2) There is no different learning interests between before and after learning physics using video media on student at X class SMA Negeri 2 Yogyakarta. (3) There is increase different intertest and cognitive aspects of learning outcomes between learning physics using video media and without media on student at X class SMA Negeri 2 Yogyakarta. (4) The use of video media is the best media and able to used for increasing intertest and cognitive aspects of learning outcomes on student at X class SMA Negeri 2 Yogyakarta.                        

Key words: learning Intertest, cognitive aspects of learning outcomes, conventional methods, video media

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v5i6.1874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pend. Fisika - S1



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.