PENGEMBANGAN LKPD BERBANTUAN PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS
Supahar Supahar, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, R., Wahyuni, S. & Djoko A.L., (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 4(4), 350-357.
Astalini, et al. (2019). Studi Penggunaan PhET Interactive Simulations dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6 (2), 71-75.
Azwar, S. (2016). Konstruksi tes: Kemampuan Kognitif. Yogyakarta: Pustaka.
Becker, Lee A. (2000). Effect Size (ES)-University of Colorado Colorado Springs. From https://www.uv.es/~friasnav/EffectSizeBecker.pdf
Dola Syamsu, F., et al. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11 (1), 65-79.
Mardhiyah, R,H. et al. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12 (1), 29-40.
Muliani, Siska, D., & Hasri, A. (2022). Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbasis Virtual Lab Berbantuan Simulasi PHET untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Getaran Harmonik. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 5 (1), 59-68.
Purwoko, A. (2018). Pengembangan Media Laboratorium Virtual untuk Mendukung Pembelajaran Praktikum SMA. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 17(1): 11-21.
Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritia Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1.
Sari, K. et al. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Ekosistem MTs Kelas VII. Jurnal Lentera Pendidikan, 4 (1), 65-66.
Suparman. (2020). Menemukan Karakteristik Butir Menggunakan Quest. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 9 (1), 91-92.
Thiagarajan, Sivasailam, et al. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
Widhiarso, W. (2011). Aplikasi anava campuran untuk desain eksperimen pre-post test design. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v9i2.18696
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |