PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Nada Syifa' Syarif, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran fisika masih secara konvensional dan metode pembelajaran yang digunakan berupa menghafalkan rumus dan kurang memahami konsep. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran berbantuan Lectora Inspire materi pokok momentum dan impuls yang layak untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMA kelas X, (2) Mendeskripsikan keefektifan produk media pembelajaran berbantuan Lectora Inspire terhadap peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMA kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket kemandirian belajar, dan tes kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Media pembelajaran berbantuan Lectora Inspire materi pokok momentum dan impuls layak digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMA kelas X, (2) Media pembelajaran berbantuan Lectora Inspire efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMA kelas X.

kata kunci: media pembelajaran; lectora inspire; kemandirian belajar; dan kemampuan berpikir kreatif


Full Text:

PDF

References


Abadi, R. dkk. (2017). Detik Detik Ujian Nasional Fisika SMA/MA. Klaten: Intan Pariwara.

Advernesia. (). Cara Uji Homogenitas Dengan SPSS. https://www.advernesia.com/.

Aji, S. D. dkk. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Journal, 1 (1), 36-51.

Alpansyah & Hashim, A.T. (2021). Kuasi Eksperimen Teori dan Penerapan dalam Penelitian Desain Pembelajaran. Bogor: Guepedia.

Amtiningsih, S. dkk. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air. Proceeding Biology Education Conference, 13 (1), 868-872.

Armandita, P. dkk. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika di Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10 (2), 129-135.

Asril, Rafik. (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Anroid Menggunakan Lectora Inspire Pada Pembelajaran Matematika Sma Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Masters (S2) thesis, diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Azwar, S. (2021). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Peelajar.

Bashooir, K. & Supahar. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan, 22 (2), 219-230.

Bungsu, T. K. dkk. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMK N 1 Cihampelas. Journal On Education, 01 (02), 382-389.

Cintia, N. I. dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32.(1), 69-77.

Cunayah, C. & Irawan, E. I. (2013). 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Fisika. Bandung: Yrama Widya.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Sleman: Penerbit Deepublish.

Duniapcoid. (2022). Lectora Adalah. duniapendidikan.co.id.

Ermiyati, L. & Oktova, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Fisika Modern Tentang Dualitas Partikel-Gelombang Menggunakan Perangkat Lunak Lectora Inspire Untuk Mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika. Berkala Fisika Indonesia, 10 (1), 22-28.

Faturohman, I. & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving.

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (1), 107-118.

Febrianti, Y. dkk. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit, 3 (1), 121-127.

Guslinda & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Hamid, A. A. (2011). Pembelajaran Fisika di Sekolah. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Fisika UNY.

Harisuddin, M. I. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Bandung: PT Panca Terra Firma.

Hidayat, D. R., dkk. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 34 (2), 147-154.

Iernawati, D. (2015). Pentingnya Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Kompasiana.com.

Irawan, E. (2021). Deteksi Miskonsepsi di Era Pandemi. Sleman: Zahir Publishing.

Jalinus, N. & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Janna, N.M. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reluabilitas Dengan Menggunakan SPSS. Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Dakwah Wal-

Irsyad: Makassar.

Kemdikbud. (2018). Permendikbud RI Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Kurniawan, A. dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Lectora Inspire untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Radiasi, 10 (1), 35-40.

Kuspriyanto, B. & Siagian, S. (2013). Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (2), 134-140.

Kustandi, C. & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Lasmi, N. K. (2015). SPM Fisika SMA dan MA. Bandung: Esis.

Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 3 (3), 72-80.

Mustafidah, H. & Harjono. (2019). Implementasi Program QUEST Untuk Menganalisis Butir Soal Bagi Guru-Guru SMP Muhammadiyah 2 Karanglewas. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3 (2), 321-328.

Nasution, I. S. & Samosir, B. S. (2018). Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (Core) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di SMK Muhammadiyah 13 Sibolga. PeTeKa, 1 (3), 213-221.

Nurhasanah, N. dkk. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Majalah Fisika “Physicsmagz” Berbasis Contextual Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6 (1), 53-63.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03 (01), 171-187.

PGSD UPY. (2018). Artikel Pendidikan. pgsd.upy.ac.id.

Prasetyo, S. (2015). Pengembangan Media Lectora Inspire dalam Pembelajaran Sains di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, IV (2), 319-337.

Prasetyo, Z. K. (). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Fisika.

Pritasari, N. F., Parhusip, H. A., Susanto, B. (2013). ANOVA untuk Analisis Rata-Rata Respon Mahasiswa Kelas Listening, prosiding (dalam proses) Seminar Nasional Matematikan UNS 20 Nopember 2013.

Purba, R.A. dkk. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Putri, H.K., Indrawati. & Mahardika, I.K. (2016). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Teknik Peta Konsep Dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4 (4), 321-326.

Raharjo, S. (2014). Uji Normalitas Rumus Kolmogorov-Smirnov. https://www.konsistensi.com/.

Rapiadi. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha. Solok: Penerbit Insan Cendekia Mandiri.

Sari, O. I. & Hariastuti, R. T. (). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif SMA Negeri di Surabaya Barat.

Setyawarno, D. (2017). Upaya Peningkatan Kualitas Butir Soal Dengan Analisis Aplikasi QUEST. Makalah PPM bagi guru IPA SMP di Sleman.

Siswono, T. Y. E. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, (1), 1-9.

Sobri, M. & Moerdiyanto. (2014). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Jurnal Harmoni Sosial, 1 (1), 43-56.

Son, A. L. (2019). Instrumentasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Analisis Reliabilitas, Validitas, Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Butir Soal. Gema Wiralodra, 10 (1), 41-52.

Sugianto, I. dkk. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (3), 159-170.

Sulistiyaningsih, A. (2020). Keefektifan Model Problem Posing Berbantu Media Lectora Inspire Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sd Mintaragen 7 Tegal. Disertasi doktor, diterbitkan, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Sumiharsono, M. R. & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abadi.

Sutrisno. (2006). Fisika dan Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Fisika UPI.

Tahar, I. & Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7 (2), 91-101.

Van der Berg, R.G. (2020). Effect Size. https://www.spss-tutorials.com/effect-size/.

Widiarso, W. (2011). Aplikasi Anava Campuran Untuk Desain Eksperimen Pre-Post Test Design. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Wulandari, B. dkk. (2017). Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Lectora Inspire. Yogyakarta: Jurdik Teknik Elektronika dan Informatika UNY.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v9i2.18637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.