PENGEMBANGAN LKPD BERBANTUAN PHET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA

Diah Ayu Puspaningrum, Universitas Negeri Yogyakarta
Pujianto Pujianto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD berbantuan simulasi PhET yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika peserta didik; (2) mengetahui besar peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah menggunakan LKPD berbantuan simulasi PhET; dan (3) mengetahui besar peningkatan penguasaan konsep fisika peserta didik setelah menggunakan LKPD berbantuan simulasi PhET. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RnD) dengan model 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian dilakukan di SMAN 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021/2022 dengan subyek penelitian peserta didik kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Method of Successive Interval (MSI), Standar Baku Ideal (SBi), Aiken’V, Interjudge Agreement (IJA), dan standar gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD berbantuan simulasi PhET layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika peserta didik; (2) LKPD berbantuan simulasi PhET dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik; dan (3) LKPD berbantuan simulasi PhET dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik.

 

Kata Kunci: LKPD; PhET; keterampilan proses sains; penguasaan konsep fisika.

 

Abstrac: This research aims to: (1) develop student worksheet based on PhET Simulation for the improvement of the science processs skill and mastering the concept of physics for students; (2) know the level of science process skills of students after using the student worksheet based on PhET Simulation; and (3) know the level of mastery physics concepts of the students after using the student worksheet based on PhET Simulation. This is a research and development with a 4D models (define, design, develop, dan desseminate). This research conducted at SMAN 5 Yogyakarta in 2021/2022 with the research subject is students of X MIPA 3 as an experiment class and the students of X MIPA 6 as a control class. The data collecting technique used were test, quisioner, and observation. The data analysis technique used were Method of Successive Interval (MSI), Standar Baku Ideal (SBi), Aiken’V, Interjudge Agreement (IJA), and N-Gain. The result showed that: (1) student worksheet based on PhET Simulation was appropriate to improve the science process skill and mastering the concept of physics for students. (2) Student worksheet based on PhET Simulation can improve science process skills of the students. (3) Student worksheet based on PhET Simulation can improve the mastery physics concepts of the students.

Key Words: student’s worksheet; PhET; science process skill; mastering concept of physics.


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Reliabiltas dan Validitas. Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwoko, A. (2018). Pengembangan Media Laboratorium Virtual untuk Mendukung Pembelajaran Praktikum SMA. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 17(1): 11-21.

Rustaman, N. (2003). Kemampuan Proses Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Siswono, H., (2017). Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Physics Education Journal, 1 (2): 83-90.

Subekti, Y. & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2 (2): 252-261.

Susanti, E., Maulidah, R. A., & Makiyah, Y. S. (2019). Peran Guru Fisika Di Era Revolusi Industri 4.0. DIFFRACTION, 1(1): 48-53.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minneapolis; Indian University.

Yulia, Connie, & Risdianto (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya di Kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1 (3): 64-70

Yusna, dkk. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 6 (1): 52-58




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v9i2.18356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.