PENGEMBANGAN POCKET BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMA

Alifia Vidyanti Suharjono, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk: (1) menghasilkan pocket book yang layak digunakan digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kemandirian belajar dan literasi sains peserta didik, (2) mengetahui peningkatan kemandirian belajar peserta didik setelah menggunakan pocket book, (3) mengetahui peningkatan literasi sains peserta didik setelah menggunakan pocket book, dan (4) mengetahui keefektifan pocket book dalam meningkatkan kemandirian belajar dan literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan 4D Models. Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar pocket book dengan materi getaran harmonis. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Seyegan. Teknik analisis data yang digunakan adalah normalized gain, uji T, dan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pocket book yang dihasilkan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kemandirian belajar dan literasi sains peserta didik, (2) kemandirian belajar peserta didik mengalami peningkatkan, 3) literasi sains peserta didik mengalami peningkatan, dan (4) pocket book efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar dan literasi sains peserta didik.

Kata kunci : pocket book, kemandirian belajar, literasi sains, dan getaran harmonis.

Abstract. The aim of this study are to: (1) produce pocket book that suitable for teaching materials to increase students’ learning independence and scientific literacy, (2) find out the increase in students’ learning independence after using pocket book, (3) find out the increase in students’ scientific literacy after using pocket book, and (4) find out the effectiveness of pocket book in increasing students’ learning independence and scientific literacy. This research is a research and development (R&D) with 4D Models. This product was developed in the form of a pocket book with harmonic vibrations teaching materials. The research subjects were students’ of class X MIPA SMA Negeri 1 Seyegan. The data analysis techinques used were normalized gain, T test, and Mann-Whitney U test. The results showed that: (1) the pocket book that is produced was suitable to be used as teaching material to increase students’ learning independence and scientific literacy, (2) students’ learning independence has increased, (3) students’ scientific literacy has increased, and (4) the pocket book is effective to increasing students’ learning independence and scientific literacy.

Keywords: pocket book,independent  learning, scientific literacy, and harmonic vibration.


Full Text:

PDF

References


Afifah, N. L., Murtono., & Santoso. (2020). Pengembangan Buku Saku Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia pada Siswa Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 3 (3).

Efendi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Aplikasi Flip Pdf Profesional untuk meningkatkan Kemandirian dan HAIL Belajar Ranah Kognitif Peserta Didik SMA pada Mata Pelajaran Fisika. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY.

Halimah, A. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Minat dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY.

Muttaqin, F. N., & Kumalasari, D. (2021). Psikoedukasi Membentuk Kemandirian Belajar Anak Melalui Buku Saku Digital. Dimasejati, 3(2), 150.

Permanasari, A. (2014). “Memperkokoh MIPA dan Teknologi Melalui Pendidikan MIPA”. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV.

Purnama, D. N., & Alfarisa F. (2020). Karakteristik Butir Soal Try Out Teori Kejuruan Akuntansi SMK Berdasarkan Teori Tes Klasik dan Teori Respons Butir. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indinesia, 18 (1).

Seftianingsih, M. U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Module Physics in Life Berbasis Sets Berbantuan Aplikasi Adobe Idesign untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Penguasaan Materi Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY.

Suparman. (2020). Menemukan Karakteristik Butir Menggunakan Quest. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 9 (1), 88.

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel., M., I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Bloomington Indiana: Indiana University.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v9i2.18354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.