PENGEMBANGAN E-PHYSICSMAGZ BERBASIS SETS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PE-SERTA DIDIK SMA
Yusman Wiyatmo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan e-physicsmagz berbasis SETS yang berkualitas untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika, (2) mengetahui peningkatan minat belajar fisika setelah menggunakan e-physicsmagz berbasis SETS, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar fisika setelah menggunakan e-physicsmagz berbasis SETS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan adalah: RPP, lembar penilaian, lembar validasi, angket respon, angket minat belajar, dan soal pretest - posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Karanganom. Hasil penelitian ini adalah: (1) dihasilkan e-physicsmagz berbasis SETS yang layak untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika dengan nilai rata-rata 4,31 dalam kategori sangat baik, (2) peningkatan minat belajar menggunakan e-physics magz berbasis SETS termasuk dalam kategori rendah dengan gain sebesar 0,206, dan (3) e-physicsmagz berbasis SETS dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar fisika dengan gain sebesar 0,456 dalam kategori sedang.
Kata Kunci : media pembelajaran fisika, e-physics magz, SETS, model 4-D, minat belajar, hasil belajarFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i4.17887
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |