Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA N 1 Kasihan Kelas X
Yusman Wiyatmo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis software Articulate Storyline 3 yang layak untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi pokok momentum dan impuls; (2) mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis software Articulate Storyline 3. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development menggunakan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Kasihan. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media pembelajaran interaktif berbasis software Articulate Storyline 3 layak digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi momentum dan impuls dengan hasil analisis validasi 125 dengan kategori baik dan tingkat persetujuan antar validator 99,33% serta respon peserta didik sebesar 55,59 dengan kategori sangat baik. (2) peningkatan minat belajar peserta didik mendapatkan nilai standar gain sebesar 0,47 dengan kategori sedang, dan peningkatan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif memperoleh nilai standar gain 0,69 dengan kategori sedang.
Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, Articulate Storyline 3, minat belajar, hasil belajar ranah kognitifFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i4.17885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |