Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA
Suparwoto Suparwoto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan desain media pembelajaran virtual berbasis POE yang layak (2) menguji media pembelajaran virtual berbasis POE yang layak. (3) mengetahui hasil peningkatan penguasaan materi dan keterampilan proses sains. (4) mengetahui keefektifan media pembelajaran virtual berbasis POE. Penelitian dengan 4-D model. Subjek penelitian ini peserta didik berjumlah 72 dengan teknik simple sampling random. Data penelitian ini butir soal pretest-postest menggunakan uji item correlated, peningkatan penguasaan materi menggunakan standart gain dan peningkatan keterampilan proses sains standar gain, serta efektifitas media diuji dengan MANOVA diteruskan telaah menggunakan perhitungan efek size. Hasil penelitian : (1) telah dihasilkan desain media pembelajaran virtual berbasis POE (2) hasil pengujian menggunakan manova didapat bahwa media pembelajaran berbasis POE layak (3) peningkatan penguasaan materi dan keterampilan proses sains sebesar 0,70 dan 0,72 (4) implementasi media pembelajaran virtual berbasis POE dalam pembeljaran efektif
Kata-Kata Kunci: Pembelajaran, POE, Penguasaan Materi, Keterampilan Proses Sains, Usaha dan EnergiFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i4.17884
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |