Pengembangan Modul Fisika Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X

Widia Ainun Anasi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Mundilarto Mundilarto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul fisika berbasis saintifik yang layak untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model ADDIE. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Instrumen pengambilan data berupa angket yang diujikan kepada 12 peserta didik untuk uji terbatas dan 30 peserta didik untuk uji lapangan. Teknis analisis data digunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan modul fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dengan rata-rata penilaian ahli adalah 4,5 dan modul dapat meningkatkan kemandirian belajar dengan nilai gain 0,306 termasuk kategori sedang.

Kata-Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Saintifik, Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i4.17883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.