Pengembangan Modul Fisika Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X
Mundilarto Mundilarto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul fisika berbasis saintifik yang layak untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model ADDIE. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Instrumen pengambilan data berupa angket yang diujikan kepada 12 peserta didik untuk uji terbatas dan 30 peserta didik untuk uji lapangan. Teknis analisis data digunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan modul fisika berbasis saintifik untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dengan rata-rata penilaian ahli adalah 4,5 dan modul dapat meningkatkan kemandirian belajar dengan nilai gain 0,306 termasuk kategori sedang.
Kata-Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Saintifik, Kemandirian BelajarFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i4.17883
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |