PENGARUH MEDIA QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI KARANGPANDAN

Ririn Setyaningsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Juli Astono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara penerapan media Quizizz dan Google Formulir terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik, mengetahui manakah yang lebih efektif antara penerapan media Quizizz dan Google Formulir terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Instrumen pengumpulan data yaitu soal tes, angket motivasi belajar dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Analisis data hasil belajar dan motivasi belajar dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Mann-Whitney dan uji Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara penerapan media Quizizz dan Google Formulir terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dan tidak ada pengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik, pembelajaran Momentum dan Impuls dengan media Quizizz lebih efektif dari pada media Google Formulir ditinjau dari hasil belajar peserta didik dan tidak efektif ditinjau dari motivasi belajar peserta didik.

 

Kata kunci : Quizizz, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i4.17882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.