Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep
Mundilarto Mundilarto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan video pembelajaran fisika berbasis kontekstual untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep peserta didik SMA pada materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar. Desain peneltian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) modifikasi model Bragg and Gall. Validasi instrumen dilakukan oleh dosen ahli dan praktisi. Uji coba terbatas diujikan kepada 10 peserta didik dan uji coba luas diujikan kepada 60 peserta didik kelas XI MIPA MAN 1 Kudus. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini adaalah : (1) Pengembangan media pembelajaran video berbasis kontekstual pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar mendapat hasil uji kelayakan dengan skor 4,6 dan respon peserta didik terhadap media menarik dengan skor 4,3 sehingga video layak digunakan (2) Video berbasis kontekstual efektif untuk meningkatkan minat dan pemahaman konsep peserta didik.
Kata kunci : Pengembangan media pembelajaran video, pendekatan konstekstual, minat belajar, pemahaman konsepFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i4.17881
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |