PENGEMBANGAN E-MODULE FISIKA BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X
Juli Astono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-module fisika berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning materi Gerak Harmonik Sederhana yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika kelas X, mengetahui peningkatan kemandirian belajar dan besar peningkatan hasil belajar kognitif fisika peserta didik setelah penggunaan e-module hasil pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respon peserta didik, angket kemandirian belajar, dan soal pretest-posttest. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan ADDIE models yang terdiri dari analysis, design, development, implementation dan evaluation. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran e-module fisika berbasis CTL layak digunakan untuk pembelajaran Gerak Harmonik Sederhana, mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dengan nilai standart gain sebesar 0,29 dengan kategori rendah dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai standart gain sebesar 0,38 dengan kategori sedang.
Kata kunci : e-module, contextual teaching and learning, kemandirian belajar, hasil belajar ranah kognitif
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i4.17880
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |