Pengembangan E-Modul Berbantuan Peta Konsep untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA

Fajar Lulu Nabila, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rahayu Dwisiwi Sri Retnowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan e-modul berbantuan peta konsep yang layak untuk pembelajaran fisika pada siswa SMA, dan (2) mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik aspek kognitif menggunakan e-modul berbantuan peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang terdiri atas tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) e-modul berbantuan peta konsep yang dikembangkan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran fisika pada siswa SMA menurut penilaian ahli dan praktisi pada kategori penilaian sangat baik dan (2) ada peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik aspek kognitif menggunakan e-modul berbantuan peta konsep yang dikembangkan.

Kata-Kata Kunci: e-modul, motivasi belajar, hasil belajar, usaha dan energi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i4.17879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.