Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis SAVI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Motivasi Berprestasi
Suparwoto Suparwoto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak- Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kelayakan E-Modul dengan materi impuls dan momentum; (2) mengungkapkan perbedaan hasil belajar antara pembelajaran SAVI dan konvensional; (3) mengungkapkan hubungan antara kemampuan awal dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik.; (4) mengetahui sumbangan kemampuan awal dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan (R&D) dengan model 4D. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Gamping pada kelas X MIPA dengan metode quasiexperiment. Hasil penelitian ini: (1) produk E-modul layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sebesar 0,901; (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen; (3) motivasi berprestasi dan kemampuan awal secara simultan berpengaruh sebesar 42.5% terhadap hasil belajar; (4) sumbangan efektif dan relatif dari motivasi berprestasi adalah sebesar 33.35% dan 78.47%. Sumbangan efektif dan relatif dari kemampuan awal adalah sebesar 9.15% dan 21.53%.
Kata-Kata Kunci: SAVI, Impuls dan Momentum, E-Modul, Motivasi Berprestasi, Kemampuan Awal, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i3.17873
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |