Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Video Percobaan dengan Pendekatan Prosedural untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik SMA

Rahmadany Leonita, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Pujianto Pujianto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran berbantuan video percobaan yang layak digunakan dalam meningkatkan capaian hasil belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi, 2) mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik sebagai prediktor yang baik bagi capaian hasil belajar, dan 3) mengetahui hubungan antara berpikir kritis dan kreatif peserta didik dengan capaian hasil belajar pada topik usaha dan energi menggunakan media pembelajaran berbantuan video percobaan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran berbantuan video percobaan layak digunakan dalam meningkatkan capaian hasil belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik dengan kategori baik, 2) kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik merupakan prediktor yang baik bagi capaian hasil belajar, dan 3) variabel kemampuan berpikir kritis dan kreatif memiliki hubungan dengan hasil belajar ranah kognitif peserta didik.

Kata Kunci: video percobaan, berpikir kritis dan kreatif, usaha dan energi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i3.17871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.