PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA
Pujianto Pujianto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis software articulate storyline 3 yang layak digunakan untuk meningkatkan minat dan kemandirian belajar peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan pendekatan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Media pembelajaran yang dikembangkan di uji cobakan pada 22 peserta didik kelas X SMA N 1 Godean. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi oleh validator ahli dan praktisi, angket minat belajar, angket kemandirian belajar, angket respon peserta didik dan soal pretest serta posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengembangan media pembelajaran berbasis software articulate storyline 3 layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Besar peningkatan minat dan kemandirian belajar berturut-turut adalah 0.4 dalam kategori sedang dan 0.4 dalam kategori sedang.
Kata Kunci: media pembelajaran, software articulate storyline 3, minat belajar, kemandirian belajarFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i3.17869
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |